Empat Pemain Timnas Indonesia U-19 Cepat Beradaptasi Di Inggris

Empat pemain tim nasional (timnas) Indonesia U-19 sudah menjalani pertandingan perdana mereka bersama tim Garuda Select angkatan kedua yang berlatih di Inggris. Keempat pemain itu adalah Brylian Aldama, Amiruddin Bagus Kahfi, Fajar Fathurrahman, dan David Maulana.

Mereka sebenarnya juga merupakan anggota tim Garuda Select angkatan pertama, yang mendapatkan kesempatan lagi di angkatan kedua. Selain keempat pemain itu, ada juga Andre Oktaviansyah. Namun Andre masih belum dimainkan pada laga melawan Cheltenham U-18 di Lapangan Birmingham FA, Rabu (11/12) waktu setempat. Andre masih harus menjalani serangkaian perawatan demi memulihkan cederanya.

Pada laga melawan Cheltenham, Garuda Select berhasil meraih kemenangan 3-1. Keempat pemain Indonesia U-19 itu langsung dimainkan sebagai starter oleh duet pelatih Dennis Wise dan Des Walker.

Wise pun melihat, keempat pemain tersebut tidak mengalami kesulitan yang berarti untuk beradaptasi.

“Pada 20 menit pertama, saya melihat mereka masih menyesuaikan diri kembali dengan udara Inggris yang dingin. Secara keseluruhan, tim bermain agresif dan bisa mengendalikan permainan dengan baik,” ujar Wise, yang berposisi sebagai direktur teknik program Garuda Select.

Hal itu diakui Brylian. Brylian sendiri ikut menyumbangkan satu gol pada laga ini lewat tendangan penalti pada menit ke-90.

“Selama 15 menit pertama kami masih beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Dengan cuaca yang seperti ini, bola dan lapangan jadi sangat licin. Setelah itu baru mulai bisa menerapkan skema yang diinginkan,” jelasnya.

Sementara itu, Rafli Asrul yang juga mencetak satu gol ke gawang Cheltenham, merasa senang bisa bermain bersama para pemain Indonesia U-19 yang punya lebih banyak pengalaman.

“Ini baru hari pertama, saya merasa kami sudah mulai nyaman dan kompak. Buktinya, postur pemain lawan yang lebih besar, bisa kami atasi dengan baik,” ujar Rafli.

Hasil melawan Cheltenham membuat tim Garuda Select mencatatkan tiga kemenangan beruntun. Setelah pertandingan ini, Garuda Select dijadwalkan akan menghadapi satu lawan lagi yakni Swindon Town, sebelum bertolak ke Italia.