Prediksi PSIS Vs Semen Padang: Bagaikan Partai Final

PSIS Semarang dan Semen Padang akan menjalani pertandingan penting dalam pekan ke-32 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jumat (13/12/2019). Laga ini menentukan karena kedua tim butuh poin maksimal untuk kepentingan masing-masing.

PSIS Semarang butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan posisi bertahan di Liga 1 musim depan. Jumlah 40 poin saat ini yang dimiliki Mahesa Jenar belum aman dan bisa dikejar tim di bawah mereka.

Namun, jika berhasil menang, PSIS sudah pasti bertahan di Liga 1 karena sudah tidak mungkin dikejar lagi oleh penghuni zona degradasi.

Sementara di kubu Semen Padang, mereka masih punya peluang secara matematis karena unggul head to head atas PSIS berkat keunggulan 1-0 pada pertemuan pertama di Padang.

Hanya, Semen Padang sepertinya butuh mukjizat untuk menyapu laga tersisa dengan kemenangan, sambil berharap pesaing selalu kalah sampai kompetisi selesai. Praktis, laga nanti layaknya final bagi PSIS maupun Semen Padang.

Untuk memenuhi ambisi mengalahkan Semen Padang, pelatih PSIS, Bambang Nurdiansyah, lega karena hampir seluruh pemainnya dapat diturunkan. Hanya striker Claudir Marini Jr. yang kembali absen karena belum sembuh dari cedera.

Komposisi pemain PSIS tampaknya tidak akan berbeda seperti ketika mencukur Arema FC 5-1 (8/12/2019). Belum lagi, Septian David Maulana cs. dalam kepercayaan diri tinggi setelah kemenangan telak tersebut.

“Seperti pertandingan sebelumnya, yakni bagaimana menyiapkan strategi dan taktik yang tepat. Kami harus berjuang keras merebut tiga poin demi memperbaiki posisi. Insyaallah dengan segala persiapan, kami bisa mengatasi Semen Padang,” ujar Bambang Nurdiansyah.

Misi lain yang diemban PSIS Semarang adalah terus mengejar posisi terbaik di akhir musim. Jika mampu menyapu bersih tiga laga terakhir dengan kemenangan, bukan tak mungkin mereka bisa finis di posisi 10 besar.

“Saya kok sangat yakin PSIS bisa finis minimal di posisi kedelapan pada klasemen akhir nanti. Sesuai target dari manajemen dan mengulangi prestasi musim lalu yang berakhir di 10 besar,” kata Banur, sapaan akrab Bambang Nurdiansyah.

Belum Menyerah

Sedangkan Semen Padang, datang ke Magelang dengan semangat tak ada yang tidak mungkin. Bagi tim urang awak, hanya kemenangan yang bisa membantu menyelamatkan eksistensi di Liga 1 musim depan. Jangankan kalah, imbang saja dari tuan rumah, jurang degradasi telah menanti.

Untuk merealisasikan kemenangan, manajemen sejatinya telah memberikan motivasi tersendiri berupa pemberian bonus besar, jika mampu meraih kemenangan dalam tiga pertandingan terakhir.

Tak mudah memang mencatatkan kemengan secara beruntun di kandang lawan. Apalagi pada laga ini, dua pilar utama, yakni Irsyad Maulana dan Teja Paku Alam absen karena melangsungkan cuti pernikahan.

“Secara keseluruhan kami sudah siap menghadapi PSIS. Semoga kami bisa mengulang kemenangan seperti pertandingan sebelumnya di kandang lawan. Mohon doa dan dukungan publik Semen Padang di mana pun berada,” kata Eduardo Almeida, pelatih Semen Padang.

Terpisah, CEO PT Kabau Sirah Semen Padang (KKSP) selaku pengelola klub, Hasfi Rafiq, masih optimistis Semen Padang mampu mengalahkan PSIS Semarang. Ia menilai, saat ini kondisi tim sangat kondusif yang diharapkan berdampak pada semangat juang pemain.

“Kami belum meneyerah. Apa pun bisa terjadi jika kami berjuang bersama. Semoga tiga poin bisa diraih dan kami selamat dari degradasi,” ucapnya.

Prakiraan Susunan Pemain

PSIS Semarang (4-3-3): Jandia Eka Putra (kiper); Fredyan Wahyu, Wallace Costa, Safrudin Tahar, Frendi Saputra (belakang); Jonathan Cantillana, Finky Pasamba, Septian David Maulana (tengah); Bayu Nugroho, Jr, Hari Nur Yulianto, Bruno Silva (depan)

Pelatih: Bambang Nurdiansyah

Semen Padang (4-4-2): Rendy Oscario (kiper); Muhammad Rifqi, Syaeful Anwar, Dedi Gusmawan, Leo Guntara (belakang); Fridolin Yoku, Dedi Hartono, Flavio Beck Junior, Yoo Hyun-koo (tengah); Mariando Uropmabin, Vanderlei Francisco (depan)

Pelatih: Eduardo Almeida

PSIS Semarang vs Semen Padang

Prediksi Bola.com: 55-45

Kedua tim butuh poin penuh. Kedua kesebelasan juga punya modal apik dari partai pekan lalu. Namun, sebagai tuan rumah, PSIS sedikit lebih diunggulkan memenangi pertandingan yang diprediksi berjalan ketat ini.