Mengenal Sosok Igor Nikolayevich, Pelatih Baru Tira Persikabo

Tira Persikabo telah menunjuk Igor Nikolayevich Kriushenko sebagai pelatih kepala yang baru untuk menggantikan Rahmad Darmawan yang dipecat. Pelatih asal Belarusia itu diharapkan mampu mengangkat performa tim yang dalam 10 laga terakhirnya tak pernah menang.

Siapakah Igor Nikolayevich Kriushenko? Ia adalah seorang mantan bek. Kini usianya 54 tahun. Saat bermain ia pernah memperkuat sejumlah klub di negaranya, termasuk Dinamo Minsk, Khimik Grondo, dan Mettalurg Aldan.

Sebagai pelatih ia pernah membesut Timnas Belarusia pada 2017-2019. Ia juga pernah memperkuat klub tekemuka negara tersebut, BATE Borisov, yang diantaranya meraih dua gelar juara liga dan satu trofi Piala Belarusia. Di klub Belarusia lainnya, Torpedo-BelAZ Zhodino, meraih gelar Piala Belarusia.

Di Tira Persikbao, dikontrak Igor dirahasiakan. “Saya datang atas permintaan presiden klub dan untuk itu saya menyetujui untuk menjadi pelatih di sini. Kontrak ini confidensial. Kontrak sudah ditandatangani tapi tidak bisa diungkapkan,” kata Igor seperti dikutip lamam Liga Indonesia.

Igor datang saat kondisi tim yang tidak ideal. Ia menyebut pemain Tira Kabo mengalami trauma. Untuk itu ia berambisi untuk meningkatkan level kepercayaan diri para pemain.

“Pertama saya memperhatikan di sini ada pemain yang memiliki kemampuan yang sangat bagus sekali. Tapi banyak di antara mereka yang mengalami trauma, jadi hasil yang diharapkan belum tercapai,” kata dia.

Pelatih berlisensi UEFA Pro ini melanjutkan, “Tapi untuk berikutnya saya akan mengembalikan kepercayaan diri mereka dan kepercayaan diri hanya bisa dikembalikan melalui kemenangan. Jadi kita harus meraih kemenangan terlebih dahulu.”

Igor merasa tertantang untuk memperbaiki prestasi tim yang saat ini tengah menurun. “Bagi saya seorang pelatih tentunya situasi ini menjadi suatu tantangan, kemudian bisa kita lihat setelah musim ini masih ada musim selanjutnya. Jadi tugas kita untuk saat ini adalah memperbaiki tim,” kata dia.

Tira Pesikabo saat ini menempati posisi ke-12 klasemen Liga 1. Mereka akan menghadapi Bali United dalam laga pekan ke-32, 12 Desember.