Hadapi Madura United, Pertahanan Jadi PR Persija Jakarta

Persija Jakarta akan menjamu Madura United dalam lanjutan pekan ke-32 Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat 13 Desember sore WIB. Asisten pelatih Persija, Sudirman, mengungkapkan memperbaiki barisan pertahanan jadi pekerjaan rumah (PR) skuad Macan Kemayoran jelang laga menghadapi Madura United.

Pertahanan Persija terlihat berlubang dalam tujuh laga terakhir Liga 1 2019. Dalam kurun waktu tersebut, gawang Persija 13 kali kebobolan! Hal itu berarti, gawang Persija kemasukan 1,85 gol per pertandingan.

Bahkan dalam dua laga terkini, tidak hanya kemasukan lima gol, Persija juga gagal menceploskan bola ke gawang lawan. Karena itu, berbagai evaluasi diungkapkan tim pelatih kepada Riko Simanjuntak dan kawan-kawan.

Sebab, hanya hasil positif dalam tiga pertandingan sisa yang dapat memperbaiki posisi mereka di klasemen sementara Liga 1 2019. Saat ini setelah melalui 31 pertandingan, Persija tertahan di posisi 14 dengan koleksi 38 angka.

Bahkan jika kalah dalam tiga laga terakhir, dan di laga lain Badak Lampung selalu meraih kemenangan, Persija akan terdegradasi ke Liga 2 2020. Tentu hal itu coba dihindari skuad Persija Jakarta.

“Semua punya kontribusi dalam kesalahan tersebut (kebobolan banyak gol), jadi kita tidak bisa menyalahkan lini belakang karena pada saat kita hilang bola di depan, pemain tidak boleh terlambat untuk pressing untuk merebut bola kembali, sehingga lawan bisa keluar dari pressing kita,”kata Sudirman mengutip dari laman resmi Persija, Kamis (12/12/2019).