Ditekuk Tira Persikabo, Bali United Telan Kekalahan Perdana Di Kandang

TIRA Persikabo berhasil mengakhiri paceklik kemenangan dalam 16 pertandingan sebelumnya pada pekan ke-32 Liga 1 2019. Istimewanya, kemenangan itu mereka dapatkan dengan menaklukkan Bali United, skor 1-0, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (12/12) malam.

Hasil ini juga menodai rekor Bali United, yang dalam 13 pertandingan kandang sebelumnya tidak terkalahkan.

Babak pertama

Kedua tim langsung menampilkan permainan menyerang sejak menit awal pertandingan. Serangan Bali United yang menurunkan mayoritas pemain yang jarang diturunkan mampu diredam dengan cukup baik oleh lini pertahanan TIRA Kabo.

TIRA Kabo juga kerap kesulitan untuk membobol gawang Bali United. Ancaman diberikan melalui tendangan Ciro Alves, namun bisa ditangkap dengan baik oleh kiper Bali United, Samuel Reimas.

Begitu juga sundulan Parfait Essengue di depan gawang tim Serdadu Tridatu, masih menyamping di sisi kanan. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti juga masih belum tepat sasaran.

Bali United tidak tinggal diam. Berbagai tekanan terus mereka lakukan, tapi selalu menemui kebuntuan. Salah satunya melalui sepakan Irfan Bachdim, yang berhasil ditangkap kiper TIRA Kabo, Angga Saputro.

Dua kali peluang Ciro Alves juga kembali bisa digagalkan Samuel. Hingga peluit tanda babak pertama berakhir dibunyikan wasit, skor tetap tanpa gol.

Babak kedua

Bali United kembali mengambil inisiatif serangan. Peluang emas didapatkan Miftahul Hamdi, namun sayang bola hasil tendangannya yang mengarah ke gawang berhasil dihalau Vava Mario Yagalo dengan sundulan.

TIRA Kabo juga terus berupaya memberikan tekanan. Hingga akhirnya, mereka berhasil mendapatkan penalti pada menit ke-51, setelah aksi Ciro Alves dihentikan oleh I Made Andhika Wijaya di kotak terlarang. Muhammad Guntur Triaji yang menjadi eksekutor penalti gagal menuntaskan tugasnya dengan baik, setelah bola hasil sepakannya mampu ditepis dengan baik oleh Samuel.

Namun TIRA Kabo tidak menyerah. Mereka mampu mencetak gol lebih dulu pada menit ke-55. Aksi Ciro Alves yang meliuk-liuk di kotak penalti dan diakhiri dengan umpan silang mendatar ke depan gawang berhasil diteruskan dengan apik oleh Osas Saha untuk menjadi gol. Skor 1-0, untuk keunggulan tim tamu.

Tertinggal satu gol, tim tuan rumah mencoba bangkit. Tapi tekanan demi tekanan yang mereka berikan mampu diantisipasi dengan baik oleh para pemain TIRA Kabo.

TIRA Kabo juga tidak mengendurkan serangan mereka. Jual-beli serangan terus terjadi. Namun hingga pertandingan berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta.

Susunan Pemain

Bali United
Pelatih: Stefano Cugurra

93 Samuel Reimas; 33 I Made Andhika Wijaya, 13 Gunawan Dwi Cahyo, 35 Haudi Abdillah, 85 Michael Orah; 18 Kadek Agung Widnyana, 8 Taufiq, 98 Arapenta Lingkar Poerba; 77 Miftahul Hamdi, 10 Irfan Bachdim, 9 Ilija Spasojevic

Cadangan: 97 Moch. Diky Indriyana, 99 Anan Mirgaf Lestaluhu, 4 Ahmad Agung, 65 Kadek Haarlem Anggariva, 83 Reza Irfana, 26 Aldino Herdianto, 11 Yabes Roni Malaifani

TIRA Persikabo
Pelatih: Igor Kryushenko

1 Angga Saputro; 3 Muhammad Abduh Lestaluhu, 19 Khurshed Beknazarov, 18 Vava Mario Yagalo, 12 M. Rifad Marasabessy; 10 Guntur Triaji, 6 Parfait Essengue, 68 Roni Sugeng; 77 Ciro Alves, 95 Prisca Womsiwor, 11 Osas Saha

Cadangan: 15 Teguh Amiruddin, 16 Derry Herlangga, 17 Mountala Zoubairou Garba, 2 Muhammad Kasim Slamat, 8 Rezky Ikhwan, 96 Ryan Kurnia, 89 Sansan Fauzi Husaeni