Grup Barat Bakal Dihuni Eks Liga 1, Julius Raja: Kompetisi Liga 2 Musim Depan Lebih Berat

Usai gagal merebut tiket lolos ke liga 1 musim depan, manajemen PSMS Medan kembali melakukan persiapan untuk berlaga di liga 2 musim 2020.

Skuat ayam Kinantan pun dijadwalkan kembali berlatih mulai hari ini, Senin (9/12/2019).

Mengusung keinginan untuk bisa naik kasta ke liga 1, Sekretaris Umum (sekum) PSMS Medan, Julius Raja mengatakan skuat ayam Kinantan di liga 2 musim 2020 harus berjuang keras agar bisa lolos.

Apalagi dia mempredikisi persaingan antar tim di liga 2 musim depan akan jauh lebih berat jika dibandingkan dengan musim 2019.

Pasalnya, menurut pria yang akrab disapa king ini, di papan bawah klasemen liga 1 saat ini bertengger tim-tim asal Sumatera yakni Badak Lampung, Semen Padang. Selain itu juga ada klub Kalteng Putra.

Jika tiga tim tersebut nantinya tak mampu bertahan di liga 1 dan harus terdegradasi ke liga 2, maka dua diantaranya berpeluang akan tergabung dengan PSMS Medan di grup wilayah barat.

Karena itu, Julius berpendapat akan bertambah jumlah tim yang harus diwaspadai.

“Perlu diingat , bahwa liga 2 yang akan datang ini lebih berat dari liga 2 yang lalu (2019) untuk di grup kita (wilayah barat). Karena di grup kita ini kan tim eks liga 1 sudah banyak. Misalnya Semen Padang, dan Badak Lampung,” ujarnya.

Tak hanya dua klub tersebut, Julius juga mengatakan masih ada tim sesama liga 2 yang tetap perlu diwaspadai. Salah satunya tentu adalah Sriwijaya FC.

“Ada juga Sriwijaya FC yang notabene dia mempersiapkan tim lebih awal. Belum lagi nanti PSIM Yogyakarta. Siapa yang masuk di grup barat lah,” imbuhnya.

Maka dari itu, lanjut Julius, menurutnya PSMS mau tak mau harus sesegera mungkin melakukan persiapan. Klub-klub pesaing PSMS menurutnya juga sudah ada yang mulai melakukan persiapan untuk pembentukan tim masing-masing.

Tak ingin tertinggal nantinya, Julius mengatakan manajemen PSMS pun tetap berupaya mempersiapkan tim sebaik mungkin nantinya.

“Januari ini (tahun 2020) kita start. Kita jangan sempat terlambat dari klub-klub (liga 2) yang lain. Saya komunikasi dengan beberapa tim seperti PSCS Cilacap dan yang lainnya, semua Januari sudah mulai pembentukan tim mereka, walaupun menang kompetisinya masih 6 bulan lagi,” pungkasnya.