Fenomena Klub Papan Bawah yang Mendadak Jago di Pekan Akhir Liga 1 2019

Kompetisi Liga 1 2019 telah memasuki pekan-pekan terakhir. Menariknya, beberapa klub papan bawah justru mendadak jago di pekan terakhir Liga 1 2019 ini.

Beberapa klub papan bawah tersebut adalah Persela Lamongan, Badak Lampung, Semen Padang, hingga PSIS Semarang. Meski sudah terseok-seok 4 klub tersebut mampu menampilkan permainan mengejutkan.

Pada pekan ke-31 Liga 1 2019 kemarin, 4 klub papan bawah ini berhasil meraih kemenangan yang terbilang fantastis. Padahal, lawan yang mereka hadapi bukan klub sembarangan.

Hasil mengejutkan datang dari Badak Lampung yang menumbangkan Persija Jakarta dengan skor cukup meyakinkan 2-0. Dua gol itu dilesatkan Arthur Bonai dan Anthony Golec.

Bermain di depan pendukungnya sendiri, Badak Lampung sukses memberi pelajaran berhargar bagi juara bertahan Liga 1. Padahal di laga sebelumnya, mereka dibantai 1-5 dari PSS Sleman.

Kemenangan mengejutkan Badak Lampung juga terjadi ketika menjamu Madura United di pekan ke-29. Saat itu, mereka sukses menghajar klub bertabur bintang tersebut dengan skor 3-0.

Hasil tersebut juga membuat Badak Lampung selalu menorehkan kemenangan di tiga laga kandang terakhir mereka. Sebelumnya, Arema FC juga dipaksa menyerah 3-4.

Torehan positifnya tersebut membuat Badak Lampung mulai beranjak untuk keluar dari zona degradasi Liga 1 2019. Saat ini, mereka berada di peringkat ke-16 dengan torehan 33 poin.

Klub yang berada di zona merah lainnya, Semen Padang, juga tampil mengejutkan. Kabau Sirah sukses mempermalukan Barito Putera di markasnya sendiri dengan skor telak 3-0.

Mental para pemain Semen Padang sepertinya sangat tangguh sehingga tidak berpengaruh setelah menelan kekalahan 0-2 dari Bali United di pekan sebelumnya.

Hal serupa juga dialami Persela yang tampil sangat fantastis setidaknya dalam empat pertandingan terakhir Liga 1 2019.

Pada empat laga itu, Persela sukses mengalahkan Badak Lampung (1-0), Borneo FC (2-1), Persib Bandung (2-0), dan PSM Makassar (3-1).

Hasil gemilang tersebut membuat tim berjuluk Laskar Joko Tingkir tersebut menjauh dari zona merah dengan menduduki peringkat ke-14 (37 poin). Namun mereka harus terus konsisten agar tidak kembali ke jalur neraka.

Fenomena ini juga dialami klub legendaris PSIS Semarang. Sempat berada dibuntuti beberapa klub di zona merah, PSIS mulai menampilkan kesolidannya dalam beberapa pekan terakhir.

Tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar tersebut tampil sangat perkasa dengan menorehkan kemenangan beruntun di empat laga kandang terakhirnya di Liga 1 2019.

Hasil positif tersebut akhirnya membuat PSIS hampir tidak mungkin terdegradasi ke kasta kedua sepak bola Indonesia. Saat ini mereka berada di peringkat 11 dengan torehan 40 poin.

PSIS sendiri menjadi klub yang paling aman dibandingkan dengan tiga klub yang kami sebutkan di atas. Karena Semen Padang, Badak Lampung dan Persela masih berpotensi turun kasta.

Fenomena Beberapa klub papan bawah yang mendadak jago ini memang cukup wajar. Karena mereka harus tampil maksimal di pekan-pekan terakhir demi tetap bertahan di Liga 1.