Tanpa 3 Pemain Andalan, Persib Bandung Akan Bikin Kejutan di Markas Borneo FC

Persib Bandung tak bisa menampilkan kekuatan penuh lagi. Bertamu di kandang Borneo FC, Stadion Segiri, Samarinda, Rabu (11/12/2019), Achmad Jufriyanto dan Febri Hariyadi absen.

Achmad Jufriyanto dan Febri Hariyadi harus menepi dalam satu pertandingan Persib Bandung karena sanksi akumulasi kartu kuning.

Menghadapi PSS Sleman di pekan ke-31 Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (7/12/2019) malam, Achmad Jufriyanto memperoleh kartu kuning di menit 40. Itu merupakan kartu kuning kesembilan baginya musim ini.

Febri memperoleh kartu yang sama di menit 47. Bagi Febri Hariyadi, itu merupakan kartu kuning kelimanya.

Absennya pemain Persib Bandung, termasuk saat lawan Borneo FC nanti, memang bukan hal aneh. Sebelumnya, pemain juga silih berganti menepi karena masalah yang sama.

Selain itu, menghadapi PSS Sleman, Supardi yang meninggalkan tim karena sang kakak meninggal dunia sehari sebelum pertandingan.

Mengenai ancaman akumulasi kartu kuning, Robert Alberts memilih memberlakukan rotasi dalam beberapa laga terkini.

Dia menghindari pemain yang absen berbarengan dalam satu laga jika memperoleh kartu kuning di satu pertandingan.

Robert memikirkan keseimbangan tim. Tujuan yang ingin dicapai adalah bisa finis di posisi lima di klasemen akhir. Sayang, usaha untuk ke sana sangat berkerikil.

Apalagi, Persib Bandung sudah menjalani empat laga beruntun tak pernah menang. Walau tidak serta merta menghapus kans, situasi yang dialami Persib Bandung turut melemahkan optimisme.

Setelah bermain 0-0 menghadapi PSS Sleman, Persib Bandung masih memiliki tiga pertandingan. Menghadapi Borneo FC merupakan laga tandang pamungkas.

Maung Bandung selanjutnya menjamu Badak Lampung (16/12) dan PSM Makassar (22/12).

Target terdekat tentu saja mengalahkan Borneo FC. Tentu bukan laga mudah apalagi berlangsung di kandang lawan.

Hingga kemarin sore, Borneo FC yang ditangani Mario Gomes –pelatih Persib musim lalu– bertengger di posisi kedua klasemen sementara. Mereka mengumpulkan 49 poin dari 31 laga.

Artinya, Persib Bandung yang berada di posisi 10 tertinggal tujuh poin. (nazmi abdurahman)

Yakin Bikin Kejutan

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, tak gentar bertarung di kandang Borneo FC. Bahkan, selain Achmad Jufriyanto dan Febri Hariyadi, Supardi Nasir juga absen.

Tidak bisa ditampilkan di Stadion Segiri, Achmad Jufriyanto dan Febri Hariyadi dipulangkan ke Bandung.

“Kami tidak bisa memainkan Achmad Jufriyanto dan Febri yang terkena akumulasi. Supardi juga masih bersama keluarganya di Pekanbaru. Jadi, kami harus memobilisasi diri dengan pemain yang ada untuk mendapatkan hasil positif,” jelas Robert, Minggu (8/12/2019), dilansir laman resmi Persib.

Kemungkinan tanpa tiga pemain inti, Robert Alberts percaya pemain pelapis siap unjuk gigi. Untuk itu, ia pun berharap Maung Bandung mampu menunjukkan permainan maksimal demi meraih poin sempurna di markas Pesut Etam.

“Dengan mentalitas seperti kemarin, saya yakin kami bisa membuat kejutan di kandang Borneo FC sebagai laga tandang terakhir,” kata pria berpaspor Belanda itu. (*)