Lini Belakang dan Depan Masih Jadi Masalah Pemain PSM Makassar

PSM Makassar masih dirundung sejumlah masalah selama mengarungi musim 2019.

Dampaknya jelas berimbas dari hasil pertandingan tim yang dilakoni utamanya di partai tandang di Liga 1.

Terbaru, Pasukan Ramang harus mengakui keunggulan Persela Lamongan di laga pekan 31, Sabtu malam. Mereka kalah 3-1 di Stadion Surajaya Lamongan.

Mantan pemain PSM Makassar era 80-an, Tony Hoo mengatakan pertandingan kedua kesebelasan sebenarnya sangat baik. Sebab kedua tim bermain terbuka utamanya PSM yang minim amunisi tapi tetap enjoy di lapangan.

“Tapi ada saja satu pemain yang bikin kesalahan dan mengganggu performa pemain lainnya. Tidak lain itu, yang gol kedua dari Persela,” ucap Tony Hoo, Minggu (8/12).

Kesalahan itu terjadi ketika Rivky Mokodompit salah mengantisipasi bola yang datang. Dimana tangkapan bolanya terlepas dan Sugeng Efendi sukses memberi satu sentuhan dan tercipta gol.

Ketika gol ketiga tercipta dari Persela lanjut mantan pelatih PSM 2016 ini, terjadi akibat kesalahan pemain lain. Yakni tak adanya antisipasi lini belakang yang membiarkan bola disundul Alex Dos Santos Goncalves.

“Dan kemudian terjadi gol ketiga. Sebenarnya banyak catatan untuk PSM, transisi menyerang dan bertahan juga masih kurang bagus. Andai kesalahan-kesalahan itu tidak ada, mungkin PSM bisa saja menang,” imbuh Tony.

Lain halnya dengan Tony, Pengamat Sepak Bola Sulsel, Andi Syam Paswah mengaku permainan PSM sangatlah baik. Bahkan polanya sangat atraktif untuk ditonton.

Namun masalah utama di kubu PSM adalah bukan lagi dari segi strategi melainkan hal non teknis. Bahkan ia menyebut masalah ini cukup besar dan berdampak kepada hasil PSM Makassar.

“Yah, masalah harmonisasi dalam tim. Ini sudah menjadi rahasia umum,” ungkap Andi Syam Paswah yang akrab disapa Andi Coklat.

Dalam beberapa waktu lalu, PSM memang diterpa isu kurang mengenakkan seperti kurangnya harmanisasi antara pelatih dan pemain. Salah satunya saat Ferdinand Sinaga terlihat bersitegang dengan salah satu official PSM usai menang 4-0 atas tamunya Persipura Jayapura beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic membantah mentah-mentah kondisi tersebut. “Tak ada yang salah dengan tim. Kalian akan salah jika menilai ada masalah dalam tim,” tegas Darije.