Kas Hartadi Ingin Lihat Timnas U23 Indonesia Ulang Kejayaan SEA Games 1991

Pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi berharap timnas U23 Indonesia mampu mengulang keyajaan menjadi juara di SEA Games 1991.

Kas Hartadi yang menjadi bagian dalam skuad juara di cabang sepak bola SEA Games 1991 berharap timnas U23 Indonesia asuhan Indra Sjafri mampu meraih medali emas di pesta olahraga multievent Asia Tenggara tahun ini.

Pelatih asal Solo itu mengaku selalu melihat setiap laga timnas U23 Indonesia di SEA Games 2019.

Dia pun tidak ketinggalan menonton pertandingan timnas U23 Indonesia vs Myanmar di semifinal SEA Games 2019.

Timnas U23 Indonesia berhasil melaju ke final setelah mengandaskan Myanmar dengan skor 4-2 lewat babak perpanjangan waktu.

Melihat permainan timnas U23 Indonesia di SEA Games 2019, Kas Hartadi pun yakin skuad Garuda Muda bisa menjadi juara.

“Ya selama ini nonton. Apalagi pas lawan Myanmar, seru dan waktu itu yakin pasti menang,” kata Kas Hartadi.

Menurut Kas Hartadi, Indonesia memiliki kualitas di atas Myanmar. Secara fisik, menurut dia, stamina pemain timnas U23 Indonesia lebih bagus. Hal itu terlihat saat kedua tim bertarung di perpanjangan waktu.

Selain itu, Kas Hartadi menilai, timnas U23 Indonesia juga memiliki kombinasi permainan yang bagus.

“Pemain timnas sekarang transisinya bagus sekali. Organisasi, finishing, dan kombinasi permainan juga bagus,” katanya.

Kas Hartadi mengatakan, kunci permainan Osvaldo Haay dkk adalah kemampuan bermain dua lawan satu, yang membuat setiap lawan kesulitan.

“Mulai dari penyisihan sampai semifinal, kompak. Kondisinya juga tidak menurun sampai melawan Myanmar. Semoga seperti ini terus sampai final,” tambahnya.

Kas Hartadi menuturkan, dirinya pun terkenang momen saat Indonesia menjuarai SEA Games 1991.

Menurutnya, kala itu, timnya juara juga melalui proses yang tidak sebentar.

“Kami juara berkat kerja keras selama dua tahun dan di 1991 jadi kenangan yang membanggakan,” terangnya.

Dia berharap Indonesia kembali menjadi juara SEA Games 2019.

“Kita harus hati-hati karena timnas U23 Vietnam itu hampir sekelas dengan kita. Mereka punya kecepatan, punya individu bagus, dan punya transisi bagus,” tutur dia.

Di laga penyisihan grup, timnas U23 Indonesia telah dikalahkan Vietnam. Hasil itu, dinilai Kas Hartadi, akan membuat Vietnam sedikit diunggulkan di atas kertas dari Indonesia.

Namun, Kas Hartadi menegaskan bahwa timnas U23 Indonesia tetap memiliki peluang untuk memenangi laga final SEA Games 2019.

“Ya enggak jauhlah di atasnya Indonesia, enggak jauh. Pokoknya jangan sampai membuat kesalahan sendiri. Saya siap nonton bareng keluarga di rumah untuk final,” ucap Kas Hartadi jelang final SEA Games 2019 antara timnas U23 Indonesia vs Vietnam.