Soal Kontrak Pemain Bali United, Teco: Sepakbola Itu Bisnis, Kamu Bisa Jual Pemain untuk Uang

Kontrak sejumlah pemain Bali United akan habis pada akhir bulan Desember 2019.

Sejumlah pemain kini sudah mulai didekati oleh klub-klub pesaing, termasuk juga klub dari luar negeri, seperti Ricky Fajrin.

Tawaran klub asal Malaysia dan Thailand terhadap bek kiri Bali United Ricky Fajrin direspon pelatih Bali United Stefano Cugurra Teco.

Pelatih Teco meminta agar Ricky Fajrin tetap bertahan di Bali United.

Ia termasuk pemain pertama di Bali United yang berjuang hingga Bali United bisa meraih gelar juara Liga I Indonesia 2019.

“Saya pikir Ricky harus bertahan, tapi semua tergantung dia,” kata Teco, Minggu (8/12/2019).

Menurut Teco, banyak tawaran ke Ricky Fajrin, karena dia pemain bagus di Bali United, dan dia pemain Timnas, pasti banyak tim yang menginginkan jasanya.

“Kita harus lihat kontrak dia, masih di Bali United atau tidak, jika tidak ada kontrak, semua tergantung dia masih ingin bertahan atau tidak,” tegas Teco.

Menurut pelatih asal Brasil ini, saat dia punya kontrak, semuanya tergantung manajemen, ingin pertahankan dia atau jual pemain.

“Karena dalam sepakbola adalah bisnis, kamu bisa jual pemain untuk dapat uang. Waktu tim butuh duit, semua tergantung manajemen,” ujarnya.

Teco juga menilai nasib semua pemain asing saat ini sama dengan pemain lokal Bali United.

30 pemain Bali United saat ini akan segara berdiskusi dengan manajemen terkait kelanjutan kerja mereka di Bali United.

“Semua asing dan lokal sama saja. terkait kontrak kerja, itu individual, manajemen yang urus satu per satu diskusi. Pasti manajemen akan duduk diskusi sama pemain,” jelas Teco.

Menurut dia, diskusi manajemen Bali United harus dengan semua pemain.

“Saya punya gambaran semua pemain bukan hanya empat pemain asing saja. Kita harus tunggu mereka diajak manajemen untuk diskusi, juga dengan pelatih ,” ujarnya.

Saat ini, pemain asing yang segara berakhir kontrak 2019 yakni Melvin Platje dan Willian Pacecho.

Sementara Brwa Nouri dan Paulo Sergio masih terikat kontrak hingga tahun 2020.

Keempat pemain ini sangat penting bagi Bali United.

Kontribusi mereka sangat besar hingga Bali United juara Liga 1 Indonesia 2019.

Bali United sudah dipastikan menyegel gelar juara Liga 1 Indonesia 2019 setelah poin yang diraih tidak bisa dikejar lagi oleh dua pesaing terdekatnya, yakni Persipura Jayapura dan Borneo FC.

Bali United masih menyisakan empat laga lagi sebelum kompetisi Liga 1 Indonesia 2019 diakhiri pada bulan Desember 2019.

Bali United kini juga tengah bersiap untuk menjalani laga pada level Asia, seperti Liga Champions Asia atau Piala AFC, bahkan juga piala AFF Club 2020.

Namun untuk Piala AFF Club 2020 masih belum bisa dipastikan keikutsertaan Bali United, federasi kini masih menunggu kepastian peserta Piala AFF Club 2020.

Piala AFF Club ini akan diikuti oleh klub-klub terbaik dari setiap negara di Asia Tenggara. Tahun 2020 ini akan menjadi tahun perdana pelaksanaan piala ini. (*)