Persik Ditundukkan Persis, Pesta Sang Juara Liga 2 Ternoda di Brawijaya

Rekor Persik Kediri sebagai juara Liga 2 2019 sedikit ternoda. Faris Aditama dkk. keluar lapangan dengan tertunduk lesu setelah dipermalukan Persis 0-1 pada ajang Celebration Game di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Minggu (8/12/2019).

Gol semata wayang Laskar Sambernyawa dicetak Slamet Budiono pada menit ke-58. Meski mengalami kekalahan, puluhan ribu Persikmania bisa menerima dengan lapang dada.

“Pemain kecapekan karena Sabtu kemarin (7/12/2019) mereka melakukan konvoi keliling Kota Kediri bersama suporter. Ditambah lagi, pemain tak latihan untuk tampil di Celebration Game ini. Jadi, sentuhan bola mereka pun tak kelihatan,” ungkap Alfiat, asisten pelatih Persik Kediri.

Laga persahabatan ini tak dihadiri pelatih kepala Persik, Budihardjo Thalib, yang telah mudik ke Makasar. Konon kontrak yang bersangkutan di Persik telah berakhir.

Pelatih Persis, Salahuddin, biasa saja menanggapi kemenangan ini.

“Pertandingan ini hanya memenuhi undangan Persik Kediri yang merayakan gelar juara Liga 2. Saya juga sekadar ingin melihat kualitas pemain Persis yang dipersiapkan di Liga 2 musim depan,” kata Salahuddin.

Kendati begitu, pelatih yang mempromosikan Barito Putera ke kasta tertinggi pada 2013 ini punya gambaran bagaimana kemampuan Persis saat ini.

“Musim lalu, saya masuk Persis ketika penyisihan Grup Timur hampir selesai. Jadi, saya tak begitu paham kualitas tiap pemain. Saat ini kami punya banyak pemain baru. Jadi saya ingin melihat kemampuan mereka di pertandingan tadi,” ujarnya.