Prediksi Persebaya Vs Bhayangkara: Adu Kuat Konsistensi

Memori dualisme sempat menghiasi pertemuan antara Persebaya Surabaya dan Bhayangkara FC. Dua tim ini dulunya pernah terlibat perseteruan akibat sama-sama memiliki nama Persebaya beberapa tahun silam.

Saat itu, Persebaya Surabaya menggunakan nama Persebaya 1927. Sementara Bhayangkara FC berganti-ganti nama dengan label yang sama. Persebaya DU, Persebaya Surabaya, Persebaya United, Bonek FC, hingga Bhayangkara Surabaya United merupakan nama-nama lama kampiun Liga 1 2017 itu.

Kini, aroma dualisme sudah tidak berlaku dalam pertemuan kedua tim dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019. Persebaya dijadwalkan menjamu Bhayangkara FC dalam pekan ke-31 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu sore (8/12/2019).

Pertemuan ini lebih menarik karena kedua tim sama-sama menunjukkan konsisten permainan dan raihan poin dalam beberapa laga terakhir. Persebaya melewati lima laga terakhir tanpa kekalahan, sedangkan Bhayangkara lebih banyak dengan delapan pertandingan tanpa kalah.

Duel ini menjadi arena bagi kedua tim untuk saling mengalahkan sekaligus menghentikan catatan tak terkalahkan sang lawan. Mereka juga berpotensi menembus papan atas di klasemen akhir kompetisi Shopee Liga 1 2019.

“Sekarang Bhayangkara belum terkalahkan sama seperti Persebaya yang sedang dalam catatan positif. Pertandingan saya prediksi akan berjalan seru untuk sama-sama mengejar poin,” kata Aji Santoso.

“Sekarang, kedua tim punya kepercayaan diri tinggi. Kami siapkan pemain untuk mengalahkan Bhayangkara. Semua dalam kondisi siap sampai menjelang pertandingan,” imbuh pelatih asli Malang.

Dari catatan pertemuan, Persebaya jauh lebih unggul dari Bhayangkara FC dalam tiga pertandingan sejak 2018. Hasilnya, Bajul Ijo memenangi dua di antaranya, sedangkan satu lainnya berakhir seri.

Dominasi itu tentu membuat Persebaya Surabaya lebih diunggulkan. Apalagi, materi pemain mereka juga lebih unggul sedikit, meski Bhayangkara FC tetap tak bisa dipandang sebelah mata.

Bhayangkara FC Mengeluh

Menjelang pertandingan ini, pelatih Bhayangkara, Paul Munster, enggan membicarakan duel kedua tim secara teknis. Dia mengeluhkan perlakuan kurang baik Persebaya Surabaya sebagai tim tuan rumah.

Bhayangkara mengalami beberapa kendala saat menjalani latihan resmi di Stadion GBT, Sabtu sore (8/12/2019). Satu di antaranya, mereka tidak mendapat arahan saat pertama kali tiba dan akan masuk ruang ganti.

Lalu, skuat The Guardian masuk ruang ganti dengan pendingin ruangan yang tidak berfungsi. Saat latihan, terdapat beberapa orang yang sedang memperbaiki properti stadion.

“Meski begitu, kami akan tetap profesional menghadapi pertandingan ini. Kami akan bekerja profesional dan bekerja seperti biasanya,” ucap Paul Munster.

Prakiraan Susunan Pemain

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Novan Sasongko, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi (belakang); Aryn Williams, Muhammad Hidayat, Rendi Irwan (tengah); Diogo Campos, David da Silva, Irfan Jaya (depan)

Pelatih: Aji Santoso

Bhayangkara FC (4-3-3): Wahyu Tri Nugroho (kiper); Putu Gede Juni, Anderson Salles, Arif Setiawan, Alsan Sanda (belakang); M. Hargianto, Lee Yujun, Adam Alis (tengah); Herman Dzumafo, Bruno Matos, Dendy Sulistyawan (depan)

Pelatih: Paul Munster