Musim Depan, PT LIB akan ‘Kirim’ Wasit Liga 1 ke Markas TNI dan Polri

PT Liga Indonesia Baru (LIB) terus mengupayakan perbaikan kualitas wasit yang akan memimpin pertandingan-pertandingan di Liga 1.

Bahkan, untuk musim depan, PT LIB berencana mengirimkan para wasit Liga 1 ke markas kepolisian atau TNI untuk mendapat pelatihan.

Rencana itu tampaknya akan mudah terealisasi mengingat pucuk pimpinan PSSI kali ini ada yang berasal dari perwakilan Polri dan TNI.

Ketua Umum PSSI saat ini, Mochamad Iriawan merupakan jenderal polisi dengan pangkat Komisaris Jenderal (Komjen). Lalu, ada Cucu Soemantri, Wakil Ketua Umum PSSI yang berasal dari kalangan militer dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal (Mayjen).

“Liga 1 2020 rencananya wasit akan digodok di markas TNI dan Polisi agar meningkatkan semangat bekerja,” kata Direktur Utama PT LIB, Dirk Soplanit, kepada wartawan.

Dirk mengatakan, keputusan ini semata-mata demi memperbaiki kualitas para pengadil sehingga akan menciptakan pertandingan yang bermartabat dan berkualitas.

“Wasit harus memiliki integritas saat memimpin pertandingan dengan baik sehingga menghasilkan laga yang bermutu,” kata Dirk.