Delapan Tim Liga 1 Dipastikan Terhindar Dari Degradasi

Liga 1 2019 sudah memasuki pekan ke-31 mulai, hari ini. Bali United sudah dipastikan menjadi juara setelah mengoleksi 63 poin pada pekan ke-30.

Jumlah poin yang dikoleksi skuad asuhan Stefano Cugurra tersebut tidak bisa dikejar lagi oleh pesaing terdekat mereka Persipura Jayapura, yang kini baru mengumpulkan 47 poin dengan sisa empat laga lagi.

Persaingan yang makin sengit justru terjadi di papan bawah hingga tengah untuk menghindari degradasi. Setidaknya, saat ini sudah dipastikan delapan tim terhindar dari turun kasta musim depan. Mereka adalah Bali United, Persipura Jayapura, Borneo FC, Bhayangkara FC, Madura United, Arema FC, PSM Makassar, dan PSS Sleman.

Jumlah poin mereka tidak bisa lagi dikejar oleh Perseru Badak Lampung FC yang kini berada di batas atas zona degradasi alias peringkat ke-16 dengan 30 poin. Dengan sisa empat laga lagi, Badak Lampung maksimal hanya bisa mengoleksi 42 poin di akhir musim. Sedangkan PSS yang berada di posisi kedelapan saat ini sudah mendapatkan 43 angka.

Selain Badak Lampung, dua tim lainnya yang kini berada di zona degradasi adalah Kalteng Putra (peringkat 17/30 poin) dan Semen Padang (18/28 poin). Tujuh klub lainnya yang masih terancam degradasi adalah Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, TIRA Persikabo, Barito Putera, PSIS Semarang, dan Persela Lamongan.

Persebaya yang kini berada di posisi kesembilan poinnya masih bisa disamakan oleh Badak Lampung dan Kalteng Putra. Sekadar mengingatkan, perhitungan yang digunakan pada Liga 1 musim ini setelah poin adalah head to head dari tim yang bersangkutan. Jika masih sama, akan dilihat selisih gol, produktivitas gol dari tim terkait.

Secara head to head, Persebaya sementara ini unggul atas Badak Lampung dengan skor 3-1 dan masih menyisakan satu pertemuan lagi, 22 Desember nanti. Sementara dengan Kalteng Putra, dari dua kali pertemuan kedua tim hasilnya imbang dengan skor identik, 1-1.

Di sisi lain, tiga tim dari Liga 2 sudah mendapatkan tiket promosi ke Liga 1 musim depan. Mereka adalah Persik Kediri, Persita Tangerang, dan Persiraja Banda Aceh.