PSM Bawa 18 Pemain Menghadapi 2 Laga Tandang Beruntun

PSM Makassar akan melakoni dua laga tandang beruntun di Shopee Liga 1 2019. Masing-masing meladeni tuan rumah Persela Lamongan (7/12/2019) dan Barito Putera (11/12/2019).

Menghadapi dua laga tersebut, pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, memutuskan membawa 18 pemain.

Rombongan PSM meninggalkan Makassar menuju Surabaya, Kamis (5/7/2019) jam 13.30 WITA, menggunakan maskapai penerbangan Citilink.

Sebelum ke Surabaya, skuat Juku Eja berlatih di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, selama satu jam pada Kamis mulai jam 08.00 WITA.

Seperti pada laga tandang terakhir menghadapi PSIS Semarang (27/11/2019), Darije tidak banyak melakukan rotasi pemain. Perubahan hanya terjadi pada posisi kiper. Hilmansyah yang sempat menggantikan Rivki Mokodompit sebagai pilihan utama, digantikan kiper berusia 19 tahun, Reza Pratama.

Darije juga memboyong dua pemain yang absen saat menjamu Borneo FC (2/12/2019), yakni Amido Balde dan Rizky Pellu. Keduanya sudah bebas dari sanksi akumulasi kartu kuning.

Bagi Darije, dua laga tandang ini jadi pertaruhan kariernya di PSM. Sebelumnya, mantan pelatih Roda JC Kerkrade ini menuai sorotan dari suporter PSM menyusul hasil minor skuatnya pada laga tandang musim ini.

Dalam 14 laga tandang, Juku Eja hanya meraih tiga hasil imbang dan 11 kali kalah. PSM Makassar menjadi satu-satunya tim Shopee Liga 1 2019 yang tak pernah menang di laga tandang.

Ada Persoalan Nonteknis?

Jelas tak mudah buat Darije dan skuatnya meraih kemenangan pada dua laga ini. Apalagi Persela dan Barito Putera juga butuh tiga poin untuk mengamankan diri dari ancaman degradasi.

“Saya percaya dengan kemampuan pemain. Kalau tampil normal, PSM bisa mengalahkan tim mana pun,” ujar Darije.

Dengan kata lain, secara teknis, PSM Makassar tidak terlalu bermasalah. Hanya, belakangan situasi internal Juku Eja kurang baik. Rumor yang berkembang di kalangan suporter dan media, seluruh elemen tim belum mendapatkan hak berupa gaji dan bonus.

Daftar 18 Pemain PSM

Kiper: Rivky Mokodompit, Reza Pratama

Belakang: Beny Wahyudi, Hasim Kipuw, Taufik Hidayat, Munhar, Aaron Evans

Tengah: Rizky Pellu, M. Arfan, Raphael Maitimo, Marc Klok, Rasyid Bakri

Depan: Aji Kurniawan, Rizky Eka, Amido Balde, M. Rahmat, Ezra Walian, Ferdinand Sinaga