Ilija Spasojevic Tembus Rekor 100 Gol Di Liga Indonesia

Duel melawan Semen Padang menjadi tonggak sejarah bagi striker Bali United, Ilija Spasojevic. Golnya dalam laga tersebut meninggalkan catatan spesial.

Bali United tandang ke Stadion Haji Agus Salim dalam laga pekan ke-30 Liga 1 2019, Senin (2/12). Laskar Serdadu Tridadu pulang dengan membawa tiga poin setelah menorehkan kemenangan 2-0.

Spasojevic menjadi bintang kemenangan timnya. Striker naturalisasi berusia 32 tahun tersebut memborong dua gol Bali United yang dicetak di babak kedua, masing-masing pada menit ke-51 dan 85.

Performanya yang menghasilkan sepasang gol krusial tak hanya memastikan raihan titel juara Liga 1 bagi Bali United pada laga tersebut dengan musim masih menyisakan empat pertandingan, namun juga berarti spesial bagi perjalanan karier Spasogol – julukan Spasojevic.

Dwigolnya ke gawang Semen Padang menjadikan koleksi golnya menembus angka 100 selama delapan tahun berkiprah di kompetisi teratas Indonesia.

Dari total 100 gol tersebut, 35 di antaranya dicetak Spasojevic selama dua musim terakhir bersama Bali United di Liga 1. Pencapaian bersejarahnya diawali ketika pertama kali tiba di Indonesia dengan memperkuat klub Liga Primer Indonesia pada 2011, Bali Devata.

Tercatat sejumlah klub lintas era mulai dari Indonesian Super League (ISL) hingga Liga 1 saat ini pernah merasakan servis tajam Spasojevic, di antaranya PSM Makassar (19 gol), Mitra Kukar (10 gol), Persisam Putra Samarinda (12 gol), Persib Bandung (4 gol), Bhayangkara FC (12 gol).

Dalam perjalanan kariernya, sang penyerang tim nasional Indonesia juga pernah mengantarkan tiga tim berbeda menjadi juara, yakni Persib ketika meraih Piala Presiden pada 2015 lalu, serta Bhayangkara saat memenangkan Liga 1 pada 2017 dan Bali United tahun ini.

Prestasi gemilang Spasojevic juga tak lepas dari kerja sama erat dengan agen Gabriel Budi yang sudah lama menjadi mitra sang striker di kancah sepakbola Asia dan mengenal betul kualitasnya.

“Spaso merupakan tipe pemain yang memiliki karakter, komitmen dan kompetensi yang luar biasa,” ujar Budi kepada Goal Indonesia.

Memang benar, Spasojevic harus melewati periode menyakitkan memasuki fase akhir persaingan Liga 1 musim ini dengan adanya kabar duka selepas ditinggal sang istri tercinta. Namun Spasojevic tetap mampu menunjukkan mentalitas yang luar biasa kuat untuk bangkit dan bahkan menjadi komponen penentu kesuksesan Bali United.

“Seperti kutipan Zlatan [Ibrahimovic], Spaso telah menunjukkan bahwa tekanan seperti obat, dan ia mengambil tekanan itu untuk menjadi lebih baik dan membuktikan kepada tekanan siapa yang menjadi bos sesungguhnya. Dengan doa dan kerja keras, Spaso mampu membuktikan itu,” tuturnya.