Teco Masih Tertarik Melatih Timnas Indonesia

Stefano Cugurra Teco pernah dikait-kaitkan dengan jabatan pelatih Timnas Indonesia pada tahun lalu. Namun, pelatih asal Brasil itu kalah bersaing dengan Simon McMenemy.

Setelah McMenemy dipecat, figur Teco kembali muncul ke permukaan seiring dengan keberhasilannya membawa Bali United menjuarai Shopee Liga 1 2019 lebih dini.

Terkini, Teco kembali mengungkapkan ketertarikannya menangani Timnas Indonesia setelah berhasil merengkuh trofi Liga 1 dua tahun beruntun. Setelah menjadikan Persija Jakarta yang terbaik pada 2018, gantian Bali United yang menikmati racikan ciamiknya pada musim ini.

Saat ini, kursi pelatih Timnas Indonesia masih lowong setelah PSSI memberhentikan McMenemy. Ada dua nama yang menjadi kandidat terkuat, yakni Shin Tae-yong dan Luis Milla Aspas. Keduanya juga telah menghadap PSSI untuk mempresentasikan program kepelatihan.

Jika PSSI masih punya waktu untuk mencari kandidat lain untuk melatih Timnas Indonesia, nama Teco layak untuk dipertimbangkan mengingat sang pelatih telah menyatakan kesiapannya.

“Di sepak bola, pasti setiap pelatih punya target untuk melatih sebuah klub. Ketika sudah berprestasi di klub, kalau ada kesempatan melatih di tim nasional, pasti ada keinginan,” ujar Teco.

“Saya pikir, semua pelatih mau menjadi pelatih timnas. Apalagi, posisi pelatih Timnas Indonesia saat ini masih kosong,” kata arsitek tim berusia 45 tahun itu.

Saran Teco

Teco juga punya saran terhadap PSSI yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2020 2021. Dikatakannya, persiapan Timnas Indonesia U-20 harus matang karena punya waktu lebih dari cukup.

Eks pelatih fisik Persebaya Surabaya ini juga mengimbau PSSI untuk bersungguh-sungguh agar tidak sekadar meramaikan Piala Dunia U-20 2021. Pasalnya, Timnas Indonesia U-20 diharapkannya dapat berbicara banyak pada turnamen tersebut.

“Saya pikir Timnas Indonesia U-20 harus serius menatap Piala Dunia U-20. Siapa pun pelatihnya, PSSI harus sangat serius berkonsentrasi di Piala Dunia U-20 karena ini menyangkut prestasi. Jangan bermain hanya untuk meramaikan saja. Saya pikir PSSI masih punya waktu panjang untuk turnamen itu,” tutur Teco.