Game MM Bola Tangkas Online Indonesia

Bonek Menembus Markas Madura United Meski Tak Dapat Kuota Tiket

Keputusan panpel Madura United tidak memberi kuota tiket kepada suporter Persebaya tidak berdampak banyak. Suporter Persebaya, Bonek, masih tetap bisa menembus masuk stadion dalam duel Derbi Suramadu di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Senin (2/12/019).

Seharusnya, Persebaya tidak mendapat dukungan dari Bonek karena mendapat sanksi dari Komdis PSSI. Kalaupun mereka datang, mereka diperkenankan tidak memakai atribut atau hanya berada di luar stadion saja.

Berdasarkan pengamatan Bola.com di lapangan, Bonek sudah mulai berdatangan sejak Senin siang. Kebanyakan dari mereka hanya duduk di depan area stadion sambil menunggu pertandingan pekan ke-30 Shopee Liga 1 2019 itu dimulai.

Panpel Madura United juga memutuskan untuk memasang layar di depan area stadion agar Bonek tidak menjebol pintu stadion. Sampai satu jam sebelum pertandingan, mereka masih tertib menonton pertandingan Semen Padang kontra Bali United di layar tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi langkah panpel Madura United yang memberi tempat kepada Bonek. Ini artinya relasi kami tetap baik. Jadi, Bonek yang tidak bisa masuk stadion tetap bisa menonton pertandingan dari luar,” kata Cak Cong, pentolan Bonek.

Akhirnya Masuk Stadion

Akan tetapi, di dalam stadion sudah mulai muncul banyak Bonek dengan mengenakan atribut dan spanduk di area belakang gawang utara dan selatan. Titik itu tidak memiliki tribune sehingga membuat Bonek bergerombol di belakang pagar besi.

Beberapa dari mereka rupanya memanjat tembok stadion untuk bisa masuk. Ada satu pintu yang berhasil mereka masuki sehingga leluasa berada di dalam stadion berkapasitas sekitar 10 ribu penonton itu.

Sejumlah Bonek juga duduk di atas pagar besi dan pagar stadion. Pihak panpel Madura United kemudian meminta mereka untuk turun. Pihak kepolisian mengarahkan mereka untuk menempati tribune barat sayap kanan dan kiri.

Padahal, selama ini dua tribune itu selalu dikosongkan. Suporter Madura United, K-Conk Mania, selalu menempati tribune timur. Semuanya berjalan tertib dan pertandingan berjalan lancar. Dua kelompok suporter ini memang dikenal menjalin persaudaraan.

“Saya memahami bagaimana kecintaan Bonek kepada Persebaya. Bagaimanapun, Bonek adalah aset berharga. Saya sangat salut teman-teman Bonek. Mohon mendukung kami dengan baik. Persebaya dan Bonek tidak bisa terpisahkan,” ucap Aji Santoso, pelatih Persebaya.

Sayang, perilaku baik Bonek tercoreng dengan penyalaan flare yang berada di tribune sayap barat sisi utara. K-Conk Mania kemudian juga masuk ke lapangan sebagai wujud protes melihat Madura United kalah 2-3 dari Persebaya.