TIRA Persikabo Terancam Tak Boleh Rekrut Pemain

Dua klub Liga 1 2019, Semen Padang dan TIRA Persikabo, terancam tak bisa merekrut pemain baru dalam tiga bursa transfer pemain, berlaku pada kompetisi musim 2020.

Hal itu diketahui dari surat PSSI dengan nomor 5249/UDN/1415/XI-2019 untuk Semen Padang, dan 5250/UDN/1416/XI-2019 kepada TR-Kabo, yang ditujukan kepada PT Liga Indonesia Baru.

Dalam surat yang ditujukan kepada Semen Padang, 27 November, dituliskan bahwa telah terjadi sengketa ketenagakerjaan dengan nama pemain Tristan Koskor, berdasarkan laporan FIFA.

Sementara untuk TR-Kabo, terdapat laporan terkait sengketa dengan mantan pemain Elio Bruno Teixeira Martins. Kedua klub tersebut terancam hukuman yang sama, yakni larangan transfer.

Untuk Semen Padang, diketahui bahwa mereka telah menyelesaikan sengketa dengan Koskor — yang batal direkrut setelah tampil kurang optimal pada turnamen pramusim Piala Presiden 2019.

Di dalam surat juga dijelaskan, bahwa larangan transfer pada tiga periode adalah maksimal, dan hukuman bisa berakhir jika kedua pihak telah menyelesaikan kewajiban mereka kepada pemain.

Permintaan FIFA terkait sengketa pemain, yang disampaikan PSSI kepada PT Liga Indonesia Baru

1. Menyampaikan secara tertulis kepada klub mengenai implementasi larangan melakukan pendaftaran pemain baik tingkat nasional atau pun internasional selama paling lama tiga periode pendaftaran pemain;

2. Menyampaikan secara tertulis kepada seluruh klub yang berpartisipasi di Liga terkait implementasi larangan melakukan pendaftaran pemain baik tingkat nasional, atau pun internasional, paling lama tiga periode pendaftaran pemain terhadap klub tersebut;

3. Melakukan blokir atas pendaftaran pemain yang dilakukan oleh klub sampai dengan klub menyelesaikan kewajibannya kepada pemain.