Mengulik Statistik Unik Rafael Silva di Liga 1, Top Skorer Anti Penalti

Meski baru pertama kali bermain sepak bola di Indonesia dan menjajal kompetisi Shopee Liga 1 2019, namun striker asing milik Barito Putera, Rafael Silva memiliki statistik unik yang sulit dilangkahi oleh pemain lainnya.

Sejak kedatangannya ke klub Barito Putera di awal musim 2019, Rafael Silva sudah digadang-gadang akan menjadi salah satu striker asing paling berbahaya di Liga 1.

Terbukti, hingga kini memasuki pekan ke-30, Rafael Silva sudah membukukan 13 gol dan masuk dalam deretan daftar pencetak gol terbanyak alias top skorer Liga 1 2019.

Menariknya, Rafael Silva menjadi satu-satunya top skorer yang bersih dari sepak penalti. Seluruh gol yang ia lesakkan berasal dari bola hidup, dan umumnya merupakan assist dari pemain sayap Barito Putera, Rizky Pora.

Setidaknya ada delapan gol yang dibukukan Rafael Silva dengan memanfaatkan umpan cantik dari raja assist Liga 1, Rizky Rizaldi Pora. Kolaborasi ini menjadi yang terbaik di sepanjang Liga 1 2019, dan kedua pemain pun tak ragu untuk saling lempar pujian.

“Teman saya, Rizky Pora adalah pemain hebat. Saya percaya dia adalah pemberi assist terbaik di liga. Dia sangat pintar, kadang-kadang dia sudah tahu di mana saya membutuhkan bola,” ungkap Rafael Silva seperti dilansir dari laman resmi klub.

“Dia (Rafael) seorang pemain yang tegas, walaupun dengan postur tubuhnya yang nggak terlalu besar, tapi dia punya kemampuan, pegang bolanya kuat, terus dia finishingnya bagus,” timpal Rizky Pora.

Namun, rekor apik Rafael Silva nampaknya tak akan menghiasi Liga 1 pekan ke-30. Perlu diketahui, Rafael Silva dan Rizky Pora dipastikan absen saat Barito Putera bertandang ke markas TIRA-Persikabo pada Senin (02/12/19) mendatang.

Baik Rafael Silva maupun Rizky Pora tidak ikut serta dalam lawatan Laskar Antasari ke Bogor, karena keduanya menderita cedera saat laga terakhir menjamu PSS Sleman. Sehingga, akan sulit bagi Rafael untuk menyalip striker asing lainnya di daftar top skorer.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.