PSSI: Shin Tae-yong Lebih Siap daripada Luis Milla

Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri membandingkan kesiapan dua kandidat pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan Luis Milla.

Kedua calon pelatih itu telah melakukan presentasi di depan delegasi PSSI dalam waktu terpisah.

Shin Tae-yong telah lebih dulu memenuhi undangan PSSI untuk menjalani presentasi di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Selasa (19/11/2019).

Sedangkan Luis Milla baru saja pada Jumat (29/11/2019) melakukan pertemuan dengan PSSI.

Setelah melihat dua presentasi yang disampaikan oleh kedua calon pelatih, wakil ketua umum PSSI, Cucu Soemantri menilai pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong lebih siap untuk menangani timnas Indonesia.

“Saya melihat Shin Tae-yong lebih siap. Kalau Luis Milla agak ragu-ragu, padahal Shin Tae-yong belum pernah menangani timnas Indonesia,” ujar Cucu seperti dikutip BolaSport.com Antara.

Lebih lanjut, Cucu menilai Luis Milla hanya memaparkan presentasi seperti yang sudah dilakukannya ssat melatih timnas Indonesia pada 2017 lalu.

Cucu juga merasa jawaban yang dberikan Luis Milla saat ditarget juara Piala AFF 2020 tidak membuat PSSI puas.

“Tidak ada hal baru yang ditawarkan oleh Luis Milla karena dia hanya menyampaikan road map yang sudah pernah dilakukannya,” ujar Cucu.

“Ternyata ketika ditanyakan demikian (juara Piala AFF 2020), dia (Luis Milla) boleh dikatakan tidak sanggup,” tambahnya.

Pertemuan PSSI dengan Luis Milla berlangsung selama dua jam.

Secara garis besar PSSI tidak puas dengan pemapaaran pelatih Asal Spanyol itu.

Namun demikian, PSSI masih akan mempertimbangkan dan membandingkan dari masing-masing proposal pelatih.

Shin Tae-yong Negosiasi dengan Klub China

Sementara itu, pada laporan terpisah, calon pelatih timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong dikabarkan sedang menjajaki negosiasi dengan klub asal China.

Rupanya sambil menunggu keputusan dari PSSI, Shin Tae-yong juga negosiasi dengan tim lain.

Seperti dilansir BolaSport.com dari Zhibo8, Shin Tae-yong akan bernegosiasi dengan salah satu klub dari China bagian selatan.

Shin Tae-yong dilaporkan telah tiba di China pada Kamis (28/11/2019).

Ia juga disebut akan membawa bek andalannya saat melatih timnas Korea Selatan, Yun Young-sun, ke klub China tersebut.

Sejumlah fan meyakini bahwa Shin Tae-yong bakal melatih salah satu klub kaya China, Jiangsu Suning, untuk menggantikan Cosmin Olariou yang akan mengisi posisi pelatih timnas China.

Pemberitaan media China soal Shin Tae-yong.

Media asal China lainnya, Axtoutiao melaporkan Shin Tae-yong telah menolak tawaran melatih timnas Indonesia.

“Shin Tae-yong secara resmi menolak tawaran untuk melatih timnas Indonesia. Berdasarkan seorang sumber, Shin akan diskusi kontrak dengan klub China,” tulis Axtoutiao.