Hadapi Vietnam di Laga Awal SEA Games, Timnas Putri Fokus Konsistensi Pertahanan

Menjelang laga perdana Grup B SEA Games 2019 kontra Vietnam di Stadion Sepak Bola Binan, Filipina, Jumat (29/11/2019), timnas putri telah mempersiapkan diri dengan matang.

“Selain taktik, latihan fisik pun dilakukan, seperti conditioning dan strecthing dynamic dengan kombinasi dengan sentuhan bola, yakni small side game,” ucap pelatih fisik timnas putri, Kartono Pramdhan.

Menu latihan itu dimaksudkan agar kondisi fisik pemain cepat pulih usai perjalanan dari Indonesia ke Filipina. Pasalnya, Zahra Muzdalifah dkk. tiba di Filipina H-2 sebelum laga sehingga butuh adaptasi cepat.

Terkait latihan taktik, pelatih Rully Nere memfokuskan anak didiknya ke menu penguasaan bola dan mengontrol pertandingan.

“Hari ini kami lebih menjaga kondisi terlebih dahulu, mengingat besok menjadi pertandingan perdana sehingga kami semua harus fit. Latihan taktik menjadi agenda latihan kami hari ini, baik itu menyangkut ball possesion dan control game,” kata Ade Mustikiana, bek timnas.

Sementara itu, rekan Ade, Shalika Aurelia, menekankan bahwa timnas harus lebih fokus lagi dalam bertahan.

“Tim kami harus sangat fokus saat defense karena menurut saya hanya itu kunci yang tepat saat menghadapi permainan cepat Vietnam. Through pass pemain Vietnam secara individual sangat cepat, dan fokus serta tidak paniklah yang harus kami lakukan menghadapi laga besok,” ujarnya.