‘Susah Sekali (Malaysia) Bilang Maaf’

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah membuat nota protes kepada pemerintah Malaysia terkait adanya insiden pemukulan suporter Indonesia di Malaysia

Insiden tersebut terlihat dari video yang viral di media sosial. Pendukung Indonesia yang mendukung timnas melawan Malaysia, Selasa (19/11/2019) terkena sweeping dan mendapat pukulan dari suporter Malaysia.

Kemenpora pun langsung mengirimkan nota protes bernomor 11.22.12/SET/XI/2019 yang ditandatangani oleh Sekretaris Menteri Gatot S. Dewa Broto. Surat tersebut ditujukan kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Belia dan Sukan Malaysia.

Dalam suratnya tersebut, Kemenpora meminta agar adanya permintaan maaf dari pihak pemerintah Malaysia.

Gatot S Dewa Broto dalam akun twitter pribadinya mengatakan bahwa selain Kemenpora, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), dan PSSI juga sudah menyampaikan nota protes.

Selain itu, Gatot juga mengkritik Menpora Malaysia, Syed Saddeq yang hingga saat ini belum menyampaikan permintaan maaf kepada Indonesia.

“Jika ingin bersahabat serumpun, apa sih susahnya minta maaf. Pak Jokowi dan Pak Mahathir saja bagus banget hubungannya. Kok susah sekali bilang maaf,” cuit Gatot S Dewa Broto.

Tentu saja itu cukup berbeda dengan apa yang dilakukan Menpora terhadulu Imam Nahrawi. Imam bahkan langsung menyampaikan permohonan maaf usai terjadi kericuhan yang sama di SUGBK, beberapa waktu lalu.