Prediksi Persipura Vs Persebaya: Duel Berbalut Reuni

Persipura Jayapura akan menjamu Persebaya Surabaya pada pekan ke-28 Shopee Liga 1 2019. Pertandingan itu bakal digelar di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Minggu (24/11/2019).

Persipura Jayapura butuh kemenangan untuk kembali ke peringkat kedua. Saat ini, tim berjulukan Mutiara Hitam itu tertinggal satu angka dari Borneo FC.

Meladeni perlawanan Persebaya, Persipura terancam tanpa diperkuat sejumlah pemain inti. Boaz Solossa, Mamadou Samassa, dan Marinus Wanewar sudah dipastikan absen. Sementara, Ibrahim Conteh dan Muhammad Tahir terkena akumulasi.

Kendati demikian, pelatih Jacksen Tiago telah menyiapkan pengganti. Valentino Telaubun dapat didorong ke tengah untuk menggantikan Muhammad Tahir. Adapun, peran Conteh bisa diisi oleh Oh In-kyun.

Untuk lini depan, Jacksen masih bergantung kepada trio Gunansar Mandowen, Todd Ferre, dan Titus Bonai. Total, ketiganya telah menyumbangkan 21 gol bagi Persipura.

Motivasi Persipura Jayapura untuk mendulang tiga poin sangat tinggi. Sebab pada tiga partai teraktual, Mutiara Hitam nihil kemenangan.

Pada pertemuan pertama, Persipura Jayapura takluk 0-1 dari Persebaya melalui gol semata wayang Irfan Jaya. Untuk itu, gairah untuk revans makin membuat Mutiara Hitam bersemangat.

Waspadai Amukan Tuan

Duel beraroma reuni akan menghiasi laga nanti. Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, adalah sosok yang tidak asing bagi Persebaya.

Dia pernah menjadi striker andalan dan pelatih Bajul Ijo. Jacksen juga merupakan kerabat dengan Aji Santoso yang kini menangani Persebaya. Keduanya adalah rekan setim saat menjuarai Ligina 1996-1997.

Dalam skuat Persebaya, terdapat beberapa pemain yang merupakan mantan penggawa Persipura, di antaranya Elisa Basna, Osvaldo Haay, Otavio Dutra, dan Ruben Sanadi. Nama terakhir kini justru menjadi kapten tim Persebaya.

Tapi, reuni itu harus dilupakan dulu demi pertandingan 90 menit di atas lapangan. Kedua tim sama-sama tengah mengincar kemenangan. Malah, Persipura berusaha bangkit setelah tiga pertandingan tanpa kemenangan.

Sayang, Persipura dan Persebaya bakal kehilangan para pemain andalannya akibat cedera dan akumulasi kartu. Tidak tanggung-tanggung, mereka sama-sama kehilangan tujuh pemain sekaligus dalam pertemuan ini.

Persipura harus kehilangan Boaz Solossa, Mamadou Samassa, Titus Bonai, Gunansar Mandowen, Ibrahim Conteh, Muhammad Tahir, dan Israel Wamiau. Situasi ini sangat tidak tidak ideal.

“Mengenai absennya beberapa pemain sana, kami juga punya persoalan yang sama. Saya rasa kedua tim pasti besok dalam kondisi yang pincang. Cukup banyak pemain yang silih berganti absen dalam tim,” kata Jacksen.

Tim Mutiara Hitam perlu mengalahkan Persebaya untuk menempel ketat Bali United di puncak klasemen. Persipura kini berada di peringkat kedua dengan raihan 44 poin dari 27 pertandingan.

Persebaya sendiri tidak ingin kalah setelah dua laga sebelumnya berakhir dengan seri dan menang. Seperti disebutkan, tujuh pemain mereka harus absen karena berbagai alasan. Kemungkinan pemain pelapis akan masuk starting eleven laga ini.

Mereka yang absen adalah Irfan Jaya, Otavio Dutra, Rachmat Irianto, Osvaldo Haay, Aryn Williams, Muhammad Hidayat, dan Novan Setya Sasongko.

“Saya berusaha menemukan pengganti yang sepadan dan siap tampil di pertandingan ini. Semua pemain kami siap bertanding dan mencuri poin,” kata Aji Santoso, pelatih Persebaya.

Aji memahami laga ini tidak akan berjalan mudah baginya. Sebab, Jacksen merupakan sosok pelatih yang dikenal sarat prestasi dan cerdik dalam mengolah taktik dan strategi. Sebagai teman lama, dia tahu hal itu.

“Keberadaan coach Jacksen itu harus diwaspadai. Persipura sempat di papan bawah dan sekarang bisa melejit ke papan atas. Coach Jacksen adalah pelatih berprestasi di Indonesia,” imbuh pelatih asli Malang itu.

Dari catatan pertemuan kedua tim, Persebaya dan Persipura sama-sama memetik satu kemenangan dari tiga pertemuan dua musim terakhir. Mereka saling mengalahkan di kandang masing-masing dan satu laga lainnya berakhir imbang.

Prakiraan Susunan Pemain

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman (k); Yohanis Tjoe, Andre Ribeiro, Ricardo Salampessy, Yustinus Pae (b); Valentino Telaubun, Oh In-kyun, Ian Kabes (t); Gunansar Mandowen, Todd Ferre, Titus Bonai (d)

Pelatih: Jacksen Tiago

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (k); Abu Rizal, Hansamu Yama, Mokhamad Syaifuddin, Ruben Sanadi (b); Misbakus Solikin, Rendi Irwan, Diogo Campos (t); Elisa Basna, David da Silva, Oktafianus Fernando (d)

Pelatih: Aji Santoso

Persipura Jayapura Vs Persebaya Surabaya