Menpora Malaysia Sebut Video Pengeroyokan Hoaks, Kemenpora Beri Respons Tegas

Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, tak habis pikir Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia Syed Saddiq, menyebut pemukulan dan penusukan suporter Indonesia di negaranya hoaks. Menurutnya, insiden tersebut memang benar terjadi.

Sebelumnya, Syed menyatakan masyarakat Indonesia jangan percaya dengan video pendukung Malaysia menganiaya suporter Indonesia yang viral di media sosial. Ia menyebut rekaman itu merupakan berita bohong.

“Gampang banget merespons klaim Malaysia, kami lebih fokus pada tindakan penganiayaan yang terbukti dilakukan sehari sebelum pertandingan dan juga suasana di bawah tekanan yang dialami penonton Indonesia saat pertandingan,” kata Gatot. 

“Klaim bahwa video itu hoaks itu soal lain karena bisa dilakukan digital forensik, karena video yang beredar juga banyak. Protes keras dari 3 penjuru mata angin sudah dikirimkan, masa dasarnya dianggap hoaks,” Gatot menambahkan.

Kemenpora bersama dengan Kementerian Luar Negeri dan PSSI sudah mengirimkan surat protes kepada Malaysia. Langkah ini diambil karena merasa kecewa atas kejadian yang menimpa suporter Indonesia. 

Sampai sekarang pemerintah Malaysia juga belum meminta maaf atas insiden tersebut. Padahal, saat terjadi kericuhan antara pendukung Malaysia dengan Indonesia di tanah air beberapa waktu lalu, Menpora Imam Nahrawi, yang masih menjabat saat itu langsung meminta maaf kepada Syed.

1 Comment

Comments are closed.