PSM Menjamu Bali United, Darije Kalezic Isyaratkan Amido Balde Kembali Jadi Starter

Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, mengisyaratkan kembali memainkan Amido Balde sebagai starter saat Juku Eja menjamu Bali United pada laga pekan ke-28 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalattta Mattoangin, Sabtu (23/11/2019). Mantan pelatih Roda JC Kerkrade ini mengaku puas dengan penampilan Balde yang mencetak tiga gol pada empat laga terakhir.

Aksi Balde ketika PSM Makassar mengalahkan Persipura Jayapura dengan skor 4-0 dalam laga tunda pekan keempat, 18 November lalu, menjadi tolok ukur Darije. Saat itu, Balde mencetak satu gol.

“Balde bukan hanya mencetak gol. Ia juga membantu tim untuk mendapatkan peluang dengan kerja kerasnya di lini belakang lawan,” ujar Darije kepada awak media Makassar usai latihan reguler timnya di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Kamis (21/11/2019).

“Dan yang paling penting, Balde membuat kesulitan dua bek tengah Persipura. Saat kebugaran bek Persipura menurun, saya memasukkan Ferdinand Sinaga yang ‘menghukum’ Persipura lewat golnya pada menit terakhir,” papar Darije.

Menurut Darije, kinerja pemain seperti Balde ini yang ia butuhkan. “Saya berharap Balde tetap menjaga konsistensi penampilannya dan kembali berperan penting dalam tim,” ujar pelatih PSM itu.

Kalau Balde kembali dimainkan Darije sebagai starter saat meladeni Bali United, maka mantan Glasgow Celtic ini menjadi pemain asing satu-satunya yang tampil. Tiga pemain asing PSM lainnya harus absen. Wiljan Pluim cedera, sedang Aaron Evans dan Marc Klok menjalani sanksi akumulasi kartu kuning.

Sementara itu, Darije mengungkapkan dirinya masih berpikir lagi untuk memberi menit bermain buat M. Rahmat. Mantan pemain tim nasional ini diturunkan pada pengujung babak kedua saat menjamu Persipura. Sebelumnya, Rahmat lebih banyak duduk di bangku cadangan atau malah tak masuk lineup.

“Saya sengaja memberikan kesempatan buat Rahmat untuk mengembalikan kebugarannya. Sama seperti Rasyid Bakri sebelumnya. Ketika menghadapi Bali United, keduanya berpeluang tampil seperti pemain lainnya,” pungkas pelatih PSM Makassar itu.