PSIS Curi 3 Poin di Kandang Tira Persikabo

PSIS Semarang sukses mencuri tiga poin penuh saat bertandang ke markas Tira Persikabo, Stadion Pakansari, Bogor, dalam laga pekan ke-28 Shopee Liga 1 2019, Jumat (22/11/2019) sore WIB. PSIS berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Tira Persikabo.

Tira Persikabo dan PSIS Semarang memulai pertandingan dengan intensitas permainan yang sedang. Kedua tim tampil menyerang sembari berhati-hati dengan ancaman yang bisa dilakukan oleh tim lawan.

Namun, dalam 20 menit pertama Tira Persikabo langsung melakukan dua pergantian pemain. Osas Saha masuk menggantikan Roni Sugeng pada menit kesembilan, dan Rezky Ikhwan menggantikan Wawan Febriyanto pada menit ke-18.

Setelah saling serang selama hampir setengah jam, PSIS Semarang mendapat hadiah penalti dari wasit setelah bek Tira Persikabo, Abduh Lestaluhu, tertangkap mata melakukan handball di dalam kotak penalti pada menit ke-28. PSIS pun unggul 1-0 berkat eksekusi penalti Wallace Costa pada menit ke-29.

Tertinggal tak membuat Tira Persikabo mengendurkan semangat. Hanya dalam selang waktu satu menit, tim tuan rumah mampu menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak Ciro Alves.

Berawal dari Ciro Alves yang membawa bola dari sisi kiri, bola diberikan kepada Rezky Ikhwan yang langsung memantulkan bola kepada Abduh Lestaluhu yang menusuk masuk kotak penalti dari sisi kiri. Abduh langsung memberikan umpan ke jantung pertahanan PSIS, di mana Ciro Alves sudah berlari dan menyambut bola dan menjebol gawang PSIS.

Tak hanya Tira Persikabo yang sudah melakukan dua pergantian pada babak pertama, PSIS pun melakukan pergantian sebelum jeda pertandingan. Fredyan Wahyu masuk pada menit ke-42 menggantikan Soni Setiawan.

Hingga 45 menit pertama berakhir, sudah ada tiga pergantian pemain, dua untuk Tira Persikabo dan satu untuk PSIS Semarang. Kedudukan imbang 1-1 pun bertahan.

Gebrakan PSIS

PSIS Semarang berhasil unggul lagi saat babak kedua baru berjalan tujuh menit. Komarudin membawa PSIS unggul 2-1 lewat gol yang dicetaknya setelah memaksimalkan umpan sundulan Hari Nur Yulianto yang mendapatkan bola dari situasi sepak pojok, Komarudin mengontrol bola sambil membelakangi gawang dan melakukan tembakan sembari memutarkan badan dan sukses menjebol gawang Tira Persikabo.

Tertinggal lagi membuat para pemain Tira Persikabo berusaha untuk menekan pertahanan PSIS dengan intensitas yang lebih tinggi. Namun, PSIS tetap bermain sabar sembari menunggu kesempatan untuk melakukan serangan balik.

Upaya Ciro Alves dkk. hingga akhir pertandingan tak berbuah gol tambahan. Wasit meniup peluit panjang dan PSIS Semarang pun sukses mencuri tiga poin penuh di markas Tira Persikabo yang masih belum bisa memutus tren negatif di putaran kedua Liga 1 2019.

Susunan Pemain

Tira Persikabo (4-3-3): Syahrul Fadil (k); Rifad Marasabessy, Vava Mario Yagalo, Zoubairou Garba, Abduh Lestaluhu (b); Roni Sugeng, Louis Parfait, Guntur Triaji (t); Wawan Febriyanto, Friska Womsiwor, Ciro Alves (d)

Pelatih: Rahmad Darmawan

PSIS Semarang (4-2-3-1): Jandia Eka Putra (k); Frendi Saputra, Muhammad Rio Saputra, Wallace Costa, Soni Setiawan (b); Bayu Nugroho, Heru Setyawan, Claudir Marini, Hari Nur Yulianto, Jonathan Cantillana (t); Komarudin (d)

Pelatih: Bambang Nurdiansyah