Evan Dimas: Ubah Mental Lawan Thailand

Evan Dimas bicara soal mental saat Timnas Indonesia U-22 menghadapi Thailand dalam laga perdana Grup B SEA Games 2019. Keduanya akan bertemu pada 26 November.

Melihat Thailand yang kerap menjadi momok bagi sepak bola Indonesia, Evan merasa harus merubah mental bertanding. Pasalnya, kita kerap ngedon alias takut jika melawan lawan yang dianggap lebih baik.

“Tentu kita semua tahu thaiand tim yang sangat bagus. Mereka negara maju cepat sepak bolanya. Tapi yang paling penting buat temen-temen semua sebelum lawan Thailand kita kuatkan mental bahwa jangan sampai kita kalah sebelum bertanding,” kata Evan.

“Kadang yang bikin masalah saat kita tanding adalah ketika lawan tim bagus mental kita tidak bagus. Jadi kita bener-bener pikiran yakin dan mental kuat untuk memenangkan pertandingan,”

“Pasti nanti sebelum main kita semua pemain saling motovasi itu kunci kita yakin bisa kalahkan Thailand,” tutur pemain Barito Putera itu.

Evan juga menceritakan bagaimana perjuangannya saat SEA Games 2017 lalu. Saat itu Timnas Indonesia U-22 juga berhadapan dengan Thailand dan Vietnam. Namun, permainan mereka bisa membuatnya sampai ke semifinal.

“Sama seperti di Kuala Lumpur, kita segrup dengan Thailand dan Vietnam juga. Kemarin kita bisa lolos, artinya tidak ada yang sulit. Terpenting yakin dan kita kerja sama serta yakin bisa lolos sampai final,” tuturnya.

Keyakinan Evan harus diikuti pula dengan pemain-pemain lainnya. Pasalnya, Indonesia berada di Grup B yang diisi lawan cukup berat selain Thailand.

Selain berhadapan dengan Negeri Gajah Putih, Skuat Garuda Muda akan berhadapan dengan Singapura, Vietnam, Laos, dan Brunei Darussalam.