Merasa Tersentuh, Manajer Persik Temani 2 Suporter Naik Bus dari Palembang ke Kediri

Kisah perjalanan dua suporter backpacker yang menumpang truk dari Kediri ke Palembang pada babak delapan besar lalu membuat Manajer Persik, Beny Kurniawan terenyuh. Sebagai empati, Beny pun rela naik bus dari Palembang menuju Kediri.

Dua suporter tersebut bernama Shohibul Umam dan Ari Cahyo. Keduanya nekat berangkat ke Palembang dari Kediri secara estafet demi mendukung tim kesayangannya, Persik, berlaga pada delapan besar Liga 2 2019.

Mengetahui hal tersebut, Beny lantas memutuskan untuk menemani perjalan dua suporter itu kembali ke Kediri. Beny mengaku prihatin sekaligus ingin merasakan sendiri bagaimana menjadi suporter.

“Karena prihatin, akhirnya saya naik bus dengan mereka. Saya membiayai perjalanan Kediri-Palembang. Karena uang saku Umam dan Ari sudah habis,” ungkap Beny Kurniawan

“Saya juga ingin merasakan bagaimana susahnya jadi suporter, sekalian nazar saya Persik lolos semifinal Liga 2,” tambahnya.

Shohibul Umam bercerita kisah perjalanan nekatnya bersama Ari Cahyo selama lima hari dari Jombang ke Palembang. Mereka hanya mengantongi uang Rp 50 ribu.

“Itu uang Ari. Saya sama sekali tak punya uang. Perjalanan Jombang ke Palembang numpang truk. Jika ditotal kami estafet ganti truk sebanyak lima belas kali,” tutur Shohibul Umam.

Soal tidur di perjalanan, mereka giliran berjaga. “Istirahat kami cukup. Kami baru bisa tidur di atas truk. Saya dan Ari gantian tidur. Kalau semua tidur, kami bisa kesasar dari tujuan,” kata Umam yang pernah ke Palembang pada 2007.

Umam dan Ari berterima kasih kepada Beny Kurniawan yang menemani dan membiayai pulang ke Kediri.

“Pak Beny juga akan membiayai kami berdua mendukung Persik ke Bali. Semoga pengorbanan kami tak sia-sia. Persik lolos ke Liga 1,” ujar Umam.

Usaha Tak Mengkhianati Hasil

Persik Kediri lolos ke semifinal Liga 2 2019 setelah bermain imbang tanpa gol melawan Martapura FC di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang, Senin (18/11/2019).

Dengan hasil akhir ini, Persik keluar sebagai runner-up Grup B dengan koleksi lima poin. Juara grup dikuasai Persita yang secara dramatis menjungkalkan PSMS 2-2 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang.

Pada babak empat besar, Persik akan menantang Persiraja. Sedangkan Persita menghadapi Sriwijaya FC yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, 22 November.

“Ini prestasi luar biasa bagi Persik dalam dua tahun terakhir. Kami persembahkan tiket ke semifinal ini untuk Persikmania dan warga Kediri yang tak bisa hadir di Palembang,” kata manajer Persik, Beny Kurniawan.

Catatan Persik Kediri musim ini memang spektakuler. Berangkat dari tim promosi sekaligus juara Liga 3 2018, Macan Putih mampu keluar sebagai juara Grup Timur pada fase penyisihan.

Persik Kediri menjadi satu-satunya wakil dari Grup Timur di semifinal Liga 2 2019.

“Jadi di semifinal nanti, kami satu-satunya wakil dari Grup Timur. Kami juga tim yang tahun ini baru promosi ke Liga 2. Pencapaian ini di luar dugaan kami. Target awal kami hanya bertahan di Liga 2,” ujarnya.

Terkait ambisi naik ke kasta tertinggi kompetisi Nasional, Beny Kurniawan menjawab diplomatis.

“Berat juga karena kami akan menghadapi Persiraja yang juga juara Grup Barat sekaligus juara Grup A babak delapan besar. Artinya, mereka benar-benar tim yang tangguh. Soal Liga 1, kami mengalir saja. Jika kesempatan terbuka, kami akan ambil,” tuturnya.

Jadwal Semifinal Liga 2

Jumat (22/11/2019)

Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar

16.00 WIB: Sriwijaya FC Vs Persita Tangerang

20.00 WIB: Persiraja Banda Aceh Vs Persik Kediri

Senin (25/11/2019)

Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar

15.30 WIB: Perebutan Tempat Ketiga

18.30 WIB: Final