Kemenangan atas Iran Jadi Modal Indonesia Sebelum Tampil di SEA Games 2019

Timnas U-23 Indonesia mengantungi modal berharga jelang berlaga di ajang SEA Games 2019 yang akan berlangsung di Manila, Filipina, akhir November ini. Andy Setyo dkk. menang dengan skor 2-1 atas Iran pada laga ujicoba internasional di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (16/11/2019).

Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafri mengatakan, dirinya puas dengan penampilan yang ditunjukkan para pemainnya pada pertandingan sore tadi. Indra mengatakan, para pemainnya memperlihatkan perkembangan yang bagus setelah ditahan Iran 1-1 pada pertemuan pertama di Bali, 13 November kemarin.

“Pertama, apa yang kami rencanakan dan kami inginkan di dalam tim ini sudah tercapai. Semua pemain paham apa yang menjadi masalah di pertandingan pertama,” kata Indra.

“Secara pertahanan, ok. Serangan balik yang sebelumnya kami selalu cepat kehilangan bola, tadi pemain lebih sabar. Kami juga mampu mengontrol pertandingan di babak kedua. Ini menjadi modal awal (sebelum bertanding di SEA Games 2019,Red), dan saya berharap ini bukan peak performance dari Timnas U-23,” ujar Indra menambahkan.

Pelatih asal Sumatera Barat itu pun mengapresiasi PSSI yang berhasil mengajak Iran dan beberapa negara seperti Tiongkok, Yordania, dan Arab Saudi untuk beruji coba dengan Indonesia.

Menurut Indra, pengalaman bertanding dengan negara-negara tersebut menjadi modal yang sangat baik untuk Indonesia sebelum tampil di SEA Games Manila.

“Hampir semua lawan yang kami hadapi membuat pemain bisa belajar merespons situasi sulit,” ujarnya.