Fakhri Husaini Kemungkinan Pegang Jabatan Baru Di Timnas Indonesia U-19

Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan, berencana memperpanjang kontrak Fakhri Husaini untuk Piala Asia U-19 2020, dan Piala Dunia U-20 2021. Namun, Fakhri kemungkinan menjabat sebagai asisten pelatih timnas Indonesia.

Kontrak Fakhri sebagai pelatih timnas Indonesia U-19 habis pada Desember 2019. Ia pun sudah menyampaikan salam perpisahannya usai membawa timnya ke putaran final Piala Asia U-19 di Uzbekistan tahun depan. 

Saat ini PSSI memang belum dapat memastikan bakal mempertahankan Fakhri atau tidak. Federasi sepakbola nasional tersebut sedang menunggu laporan eks pilar Bina Taruna selama melatih timnas Indonesia U-19. 

“Besar [Fakhri dipertahankan] pasti. Tapi kami lihat perkembangan apa dia tetap di tim utama atau jadi asisten pelatih, yang nanti pelatihnya lebih bagus. Tapi pasti itu. Atau mungkin dia terus bawa tim itu,” kata Iriawan.

“Kami lagi cari yang terbaik pelatih yang kelas dunia bisa dikombinasi dengan pelatih lokal sehingga kami lebih maju. Sekarang sedang merangkak,” Iriawan menambahkan.

Keinginan PSSI untuk mendatangkan pelatih kelas dunia karena timnas Indonesia bakal menjadi peserta Piala Dunia U-20 2021, yang digelar di tanah air. Luis Milla dan Shin Tae-yong yang jadi kandidat pengganti Simon McMenemy, di skuad Merah Putih senior, kabarnya akan rangkap jabatan menukangi tim muda tersebut.