Alex Dos Santos Goncalves Menangis Gagal Eksekusi Penalti

Ujung tombak Persela Lamongan Alex Dos Santos menangis setelah gagal menjalankan tugasnya sebagai algojo penalti dengan baik ketika mengalahkan Perseru Badak Lampung FC 1-0 di Stadion Surajaya, Rabu (20/11) sore WIB, pada pertandingan pekan ke-28 Liga 1 2019.

Kegagalan mengeksekusi penalti di menit ke-71 itu disusul dengan aksi suporter Persela yang memginvasi ke dalam lapangan, dan melakukan pengrusakan. Setelah sempat terhenti selama satu jam, laga dilanjutkan kembali. Persela akhirnya memetik kemenangan lewat gol tunggal Moch Zaenuri di injury time.

“Saya sebetulnya kecewa dengan Alex. Tapi ketika kami mengatakan kepada dia ini demi Lamongan, dia menangis. Kami tidak bisa menyalahkan siapapun, kasihan Alex. Namun dia punya tekad berjuang untuk Persela,” ungkap pelatih Nilmaizar.

“Setiap latihan kami siapkan Alex, Kei [Hirose], dan Rafinha. Sebenarnya tadi saya panggil Kei untuk ambil eksekusi, tapi dia tidak berani, dan memberikan kepada Alex. Tapi itulah sepakbola.”

Nil mengakui anak asuhnya bermain di bawah tekanan tinggi untuk menyelamatkan tim dari ancaman degradasi. Mantan arsitek Semen Padang ini pun akhirnya lega ketika Zaenuri mencetak gol penentu kemenangan.

“Dalam situasi seperti ini kan tegang, sehingga finishing tidak bagus. Kalau dia [Zaenuri] tidak tenang dalam memanfaatkan peluang, itu bisa saja tidak jadi gol. Namun saya apresiasi perjuangan seluruh pemain yang telah memberikan semua kemampuan terbaik,” kata dia.

“Perjuangan ini luar biasa, pemain mengeluarkan air mata. Mereka tidak ingin kalah. Dengan tekanan yang begitu tinggi, tidak mudah untuk mengembalikan keadaan. Tapi perjuangan belum berakhir, karena masih ada sisa enam laga, termasuk away melawan Borneo FC dan Persib [Bandung].”

Sementara Arif Satria terlihat terharu dengan raihan tiga poin. Bek tengah Persela ini terbata-bata dalam memberikan keterangan selepas pertandingan. Arif menegaskan, mereka tetap berjuang untuk mengumpulkan poin sebanyak mungkin di pertandingan sisa.

“Alhamdulillah, ini tiga poin yang sangat berarti buat kami. Kami sudah berjuang mati-matian. Semoga tekad kami untuk terhindar dari degradasi bisa lebih kuat lagi, dan terealisasikan di setiap pertandingan,” ucap Arif. (gk-43)