Agenda Makan Bersama Jadi Solusi Meningkatnya Performa Bhayangkara FC

Setelah melewati periode buruk, dalam 13 laga hanya meraih satu kali kemenangan, perlahan tapi pasti Bhayangkara mulai menapaki tren positif.

Dalam lima pertandingan terakhir, tim besutan Paul Munster itu meraih tiga kali kemenangan dan dua kali imbang. Hasil apik itu menurut Paul tak hanya sekedar buntut dari program di lapangan. Tapi, ada kegiatan di luar lapangan yang juga berefek pada rentetan hasil bagus Adam Alis dkk.

Program luar lapangan yang dimaksud adalah acara makan bersama di suatu restoran.

“Ya saya selalu melakukan tradisi seperti ini. Saya rasa ini penting agar mereka akrab di dalam dan luar lapangan antar sesama pemain dan juga pelatih. Karena sepak bola adalah pekerjaan terbaik di dunia. Setelah latihan, pekerjaan kalian belum selesai coba ikut kegiatan yang mendekatkan diri dengan rekan setim,” kata Paul kepada Bolalob yang juga ikut makan bersama di restoran daerah Jakarta Selatan.

“Saya selalu berusaha membentuk tim seperti ini karena menurut saya tim itu bagaikan keluarga. Mereka semua anak-anakku, kami semua bersaudara, ini keluarga dan saya ingin kami akrab satu dengan yang lain,” tuturnya melanjutkan.

Keberhasilan program tersebut terhadap hasil timnya pun diakui Paul.

“Kedekatan ini mulai terlihat dalam beberapa pertandingan terakhir. Kami saling mengobrol dan aturannya tidak boleh ada telepon genggam selama makan. Bila ada yang ketahuan hukumannya harus menyanyi. Cuma hal kecil tapi penting dan sejauh ini semakin baik selama dua bulan saya di sini,” ucap eks pelatih Vanuatu tersebut.