Skuat Persebaya Tak Ideal Hadapi Persipura, Aji Santoso Ingin Semua Pemain Siap

Persebaya dipastikan tidak bisa tampil dengan kekuatan penuh saat bertandang ke markas Persipura Jayapura dalam laga pekan ke-28 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Minggu (24/11/2019).

Enam pemain terpaksa absen. Tiga di antaranya, yaitu Aryn Williams, Muhammad Hidayat, dan Novan Setya Sasongko terkena hukuman akumulasi kartu. Tiga pemain lainnya, Otavio Dutra, Rachmat Irianto, dan Osvaldo Haay, membela Timnas Indonesia.

Bambang Nurdiansyah Bicarakan Keberadaan Dragan Djukanovic di PSIS
Kondisi bertanding tanpa kekuatan penuh ini sudah dijalani Persebaya dalam beberapa pertandingan sebelumnya. Pelatih Persebaya, Aji Santoso, sudah terbiasa dengan situasi ini. Dia ingin semua pemain siap tempur menghadapi Persipura.

“Kondisinya masih sama seperti sebelumnya. Beberapa pemain harus absen. Saya harus memikirkan komposisi terbaik nanti. Ya, memang ini tantangannya, semua pemain harus siap,” kata Aji kepada Bola.com.

Aji tercatat sudah menemani Persebaya dalam dua laga, yaitu melawan Tira Persikabo (9/11/2019) dan PSM Makassar (14/11/2019). Dalam dua laga itu, Aji juga terpaksa tidak bisa menurunkan kekuatan terbaik, namun Persebaya selalu bisa mendapatkan poin.

Pelatih asal Malang itu memberi kesempatan kepada pemain yang tidak mendapat peluang bermain secara reguler, semisal Elisa Basna. Situasi ini juga membuatnya membuat pemain pelapis bisa unjuk kemampuan.

“Intinya, pemain harus siap main. Saya ingin membuat suasana kompetisi yang sehat agar waktu latihan, mereka tidak leha-leha. Saya tumbuhkan rasa loyal mereka terhadap profesi dan total terhadap Persebaya,” ucap Aji.

Selama ini, Persebaya kerap mengandalkan pemain yang masuk skuat inti saat melakoni pertandingan. Saat menurunkan skuat pelapis, Bajul Ijo acap kali gagal mendulang poin.

Situasi ini menjadi tantangan buat Aji. Selain Elisa Basna, masih ada Alwi Slamat yang juga minim kesempatan. Tiga pemain muda jebolan Persebaya U-20 juga berpotensi diturunkan, yaitu Kemaludin, Koko Ari, dan Zulfikar.