Shin Tae-Yong Merasa Tertantang Tangani Timnas Indonesia

Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, selangkah lagi menjadi juru taktik dari timnas Indonesia. Itu setelah, mantan pelatih timnas Korsel itu memenuhi undangan dari PSSI, Selasa (19/11), di Kuala Lumpur.

Tae-yong membeberkan presentasi soal rencananya untuk tim Merah-Putih, di hadapan para petinggi PSSI seperti ketua umum Moch. Iriawan, wakil ketua umum Iwan Budianto, hingga sekretaris jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Menurut keterangan PSSI, Tae-yong berani membawa rombongan tim pelatihnya ketika sukses membawa Korsel berjaya di Piala Dunia U-20 2019. Kebetulan, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah event tersebut, pada 2021 nanti.

“Bagi saya ini adalah sebuah tantangan. Saya tahu atmosfer sepakbola Indonesia sangat luar biasa dengan suporter yang fanatik. Saya juga melihat, pengurus federasi memiliki semangat yang kuat untuk membangun sepak bola Indonesia ke level yang tinggi,” beber Tae-yong.

Menurut Iriawan, Tae-yong adalah sosok yang kompeten untuk bisa memimpin timnas Indonesia. Hal itu berdasarkan pengalaman dari yang bersangkutan, yakni pernah menukangi Korsel pada Piala Dunia 2018, di Rusia.

“Timnas Indonesia membutuhkan pelatih yang andal. Shin Tae-yong salah satu pelatih yang memiliki prestasi dunia. Tentu kita akan mempelajari presentasi programnya. Keputusan akan diambil secara faktual dan obyektif melalui rapat exco [Komite Eksekutif],” beber Iriawan.