Persipura Jayapura Berharap Boaz Solossa Bisa Main Lawan Persebaya Surabaya

Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago mengakui kehadiran Boaz Solossa sangat dibutuhkan tim saat melakoni pertandingan besar. Hal itu diungkapkan Jacksen setelah Persipura digasak PSM Makassar dengan skor telak 4-0 di Stadion Andi Mattalatta, Senin (18/11) malam WIB.

Jacksen menilai kehadiran Boaz akan membuat barisan belakang lawan lebih waspada, sehingga tidak akan terlalu leluasa untuk melakukan tekanan ke Persipura, terutama di laga yang dianggap sebagai big match. Menurutnya, salah satu faktor Persipura dibekap PSM akibat ketiadaan Boaz di sektor depan.

Selepas dijamu PSM, Persipura selanjutnya melakoni dua laga berat melawan tim yang sedang bangkit, Persebaya dan Persija Jakarta. Tak heran bila Jacksen berharap sang kapten sudah pulih.

“Di pertandingan besar seperti ini, kalau ada Boaz, tentu lini pertahanan PSM lebih waspada. Kehadiran Boaz bisa memberikan efek psikologis terhadap pemain lawan. Tanpa striker murni seperti Boaz juga membuat Titus Bonai seperti bekerja sendiri,” ujar Jacksen.

“Kami berharap Boaz bisa tampil lawan Persebaya. Pertandingan lawan Persebaya dan Persija saya anggap big match. Tapi saya tentunya membangun kekuatan tidak hanya bergantung kepada Boaz, karena dalam perjalanan pasti ada momen seperti ini.”

Selain ketidakhadiran Boaz, Jacksen juga menyesalkan dua gol awal PSM yang berawal dari lemparan ke dalam. Menurutnya, hal seperti itu tidak perlu terjadi bila pemain siap menghadapi situasi apapun.

“Saya sempat bilang di ruang ganti, kalau gol dari lemparan ke dalam hanya sundulan atau satu sentuhan langsung, saya bisa maklumi. Tapi kalau bola lebih dulu memantul, dan kami tidak bereaksi, itu berarti masalah konsentrasi,” kata Jacksen.

“Ketika kami tidak mempunyai awal yang baik, akhirnya semua rencana yang kami siapkan tidak berjalan maksimal. Kami juga tidak mampu melakukan tiga sampai empat sentuhan. Ini menjadi PR [pekerjaan rumah] buat saya agar bisa tampil lebih baik melawan Persebaya.” (gk-74)