Persebaya Tak Masalah Menghadapi Persipura di Tenggarong

Persebaya Surabaya bakal melakoni lawatan ke markas Persipura Jayapura di Tenggarong, Kalimantan Timur. Duel pekan ke-28 Shopee Liga 1 2019 itu akan digelar di Stadion Aji Imbut Tenggarong, Minggu (24/11/2019).

Pertandingan ini seharusnya digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, mengingat Persipura berkandang di stadion itu sejak pertengahan musim. Namun, tim tuan rumah tidak mendapat izin keamanan bertanding di Sidoarjo untuk menjamu Persebaya.

Perubahan ini tentu membuat Persebaya harus menjalani laga tandang lebih jauh. Sidoarjo adalah kota satelit Surabaya, berbeda dengan Tenggarong yang berada di Pulau Kalimantan.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, menyikapi perubahan venue pertandingan ini dengan legawa.

“Kami sebagai tim tamu tentu harus siap saat tuan rumah menggunakan stadion lain. Buat saya tidak ada masalah. Pemain kami tetap harus siap menghadapi pertandingan ini,” kata Aji Santoso kepada Bola.com, Senin (18/11/2019).

Persebaya Surabaya sebenarnya berkesempatan menjalani partai tandang lebih dekat jika melawan Persipura di Sidoarjo. Maklum, tim berjulukan Bajul Ijo itu terancam memainkan laga kandang tersisa di luar Surabaya akibat hukuman dari Komdis PSSI.

Waktu Rehat Panjang

Sebelumnya, Persebaya Surabaya sudah menjalani laga kandang di Stadion Batakan, Balikpapan, saat menjamu PSM Makassar, Kamis (14/11/2019). Artinya, Ruben Sanadi dkk. terpaksa menjalani dua laga tandang di luar Jawa.

Untungnya, kata Aji, Persebaya memiliki waktu yang panjang untuk mempersiapkan timnya. Jeda antarpertandingan itu mencapai 10 hari dan membuat Persebaya bisa mengelola kebugaran pemain.

“Kami tetap akan melakukan persiapan secara matang. Ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus saya. Selama latihan di Surabaya, saya ingin tim ini benar-benar siap menghadapi Persipura,” ucap pelatih berusia 49 tahun itu.