Debut TM Ichsan Dianggap Tak Mengecewakan

Debut gelandang muda Teuku Muhammad Ichsan bersama timnas Indonesia mendatangkan pujian dari asisten pelatih Yeyen Tumena, meski diwarnai kekalahan 2-0 dari Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Selasa (19/11) malam WIB.

Ichsan tampil sebagai starter, dan bahu membahu bersama Bayu Pradana dan Hendro Siswato menyokong lini tengah tim Garuda. Yeyen menyebut keputusan memainkan Ichsan murni karena kebutuhan strategi.

“Kami tidak banyak pilihan di lapangan tengah. Kemudian kami mencoba menghentikan sesuai rencana untuk tidak bermain ke dalam pertahanan kami dengan memainkan pemain di gelandang yang bekerja keras,” beber Yeyen.

“Saya menilai Ichsan bermain luar biasa, bersama Hendro dan Bayu. Kita bisa lihat tadi, Malaysia hanya bisa bermain ke samping, tidak bisa menembus pertahanan. Saya pikir anak ini pemain muda berbakat, dan punya masa depan yang cukup baik.”

Sementara itu Ichsan menilai Indonesia seharusnya mampu membawa pulang poin lantaran bermain baik, dan menciptakan beberapa peluang. Ichsan juga merasa tidak terbebani dalam laga debutnya. Hal itu dikarenakan ia mendapat wejangan khusus dari Yeyen yang merupakan salah satu staf pelatih di Bhayangkara FC.

“Sebenarnya kami bisa dapat poin di sini, kami sudah kerja keras. Semua juga nonton, kami punya banyak peluang, sedangkan mereka dua peluang, dua gol. Saya tidak merasa terbebani karena sudah sering main di tim,” ucap Ichsan.

“Coach bilang: ‘santai, ini juga sama seperti di Bhayangkara FC, meski masih muda kamu punya semuanya, buktikan saja dan kamu harus menikmati pertandingan ini’. Alhamdulillah saya bisa menikmati itu.”