Daftar Resmi 20 Pemain Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019

Pada Rabu siang (20/11/2019), pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, melalui PSSI merilis secara resmi skuat final yang akan diboyong ke SEA Games 2019 di Filipina. Sesuai regulasi, ada 20 pemain yang maksimal bisa dibawa.

Dengan begitu, Indra Sjafri terlebih dulu melakukan pencoretan lagi terhadap empat pemain karena sebelumnya, pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22 masih dihuni 24 pemain.

Empat pemain yang gagal masuk skuat inti di saat-saat terakhir itu adalah Muhammad Lutfi Kamal Baharsyah (Mitra Kukar), Gian Zola Nasrullah Nugraha (Persib Bandung), Kadek Agung Widnyana Putra (Bali United), dan Awan Setho Raharjo (Bhayangkara FC).

Sebelum ini, tepatnya setelah uji coba kedua melawan Iran (17/11/2019), Indra Sjafri sudah melakukan penciutan terhadap skuatnya dengan juga memulangkan empat pemain ke klub masing-masing. Kini, ia sudah mendapatkan 20 pemain yang masuk skuat final.

“Pemain yang bertahan dalam tim adalah mereka yang terbaik, serta pemain yang memang saya nilai sesuai dengan kebutuhan skema dan strategi tim. Kini puzzle saya sudah lengkap dan tersusun rapi. Saya harap mereka bisa memberikan yang terbaik di SEA Games nanti,” ujar Indra, dilansir dari laman resmi PSSI.

Sebelum terjun di SEA Games 2019, Tim Garuda Muda sudah ditempa melalui pemusatan latihan, uji coba, serta turnamen sejak awal 2019.

Di awal tahun, Timnas Indonesia U-22 sukses menjuarai turnamen Piala AFF U-22. Setelah itu tampil di kualifikasi Piala Asia AFC U-23 2020. Pada ajang ini, Indonesia kalah bersaing dengan Vietnam dan Thailand.

Di akhir Oktober lalu, Timnas Indonesia U-22 mengikuti turnamen empat negara yang diikuti tuan rumah China, Yordania, dan Arab Saudi. Terakhir Indonesia beruji coba dua kali dengan Iran dengan 1-1 dan menang 2-1.

“Persiapan kami lumayan bagus. Beberapa laga dalam turnamen, uji coba dan latihan semata-mata untuk mematangkan permainan tim. Pemain bisa merespons permainan lawan dengan baik. Mereka main dengan sabar. Kami harus percaya dan dukung tim ini. Insyaaallah kami akan berusaha untuk merebut emas,” tutur Indra Sjafri.

Timnas Indonesia U-22 akan bertolak menuju Manila, Filipina, dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Rabu malam (20/11/2019), mengingat pada 26 November, Tim Garuda Muda sudah melakoni laga pertama kontra Thailand di penyisihan Grup B.

Menurut Indra, pertandingan pertama melawan Thailand sangat penting. Jika bisa melewati Thailand, maka langkah berikutnya akan lebih mudah.

Berikut daftar resmi 20 pemain Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019.

Daftar 20 Pemain Timnas Indonesia di SEA Games 2019

1. Bagas Adi Nugroho – Bhayangkara FC

2. Nadeo Arga Winata – Borneo FC

3. Asnawi Mangkualam Bahar – PSM Makassar

4. Nurhidayat Haji Haris – Bhayangkara FC

5. Zulfiandi – Madura United*

6. Irkham Zahrul Mila – PSS Sleman

7. Dodi Alekvan Djin – Persik Kediri

8. Muhammad Riyandi – Barito Putera

9. Rachmat Irianto – Persebaya

10. Feby Eka Putra – Persija

11. Witan Sulaeman – PSIM Yogyakarta

12. Egy Maulana Vikri – Lechia Gdanks

13. Sani Rizki Fauzi – Bhayangkara FC

14. Evan Dimas Darmono – Barito Putera*

15. Muhammad Rafli – Arema FC

16. Syahrian Abimanyu – Madura United

17. Saddil Ramdani – Eks Pahang FA

18. Firza Andika – PSM Makassar

19. Andy Setyo Nugroho – TIRA Persikabo

20. Osvaldo Ardiles Haay – Persebaya

*Ket: Overaged player

Sumber: PSSI