Todd Rivaldo Ferre dan Deretan Pewaris Talenta Menjanjikan di Persipura

Papua sejak dulu tak pernah kehabisan talenta pemain berkualitas. Banyak dari mereka, lahir, dan mulai dikenal setelah memperkuat tim kebanggaan warga Papua, Persipura Jayapura.

Mulai Eduard Ivakdalam, Boaz Solossa, Ian Louis Kabes, Imanuel Wanggai, dan lain. Mereka contoh dari sederet pemain asal Papua yang sukses bersama Persipura Jayapura.

Secara khusus, pemain di atas mayoritas sudah berusia di atas 30 tahun, kecuali Eduard Ivakdalam yang sudah pensiun pada 2014. Kini, emain muda siap menggantikan peran pemain-pemain pentolan di tim Mutiara Hitam.

Musim ini sudah mulai terlihat nama-nama pemain muda yang siap menjadi pewaris talenta di Persipura. Mereka, semisal David Rumakiek, Gunansar Mandowen, Todd Rivaldo Ferre, hingga Marinus Wanewar.

Jajaran pemain di atas masih berusia di bawah 21 tahun, sehingga secara kualitas, masih bisa berkembang baik di Persipura maupun klub lainnya.

David Rumakiek, contohnya, yang sejauh ini mendapatkan empat kesempatan bermain di Persipira. David merupakan aset masa depan Persipura di lini belakang.

Kemudian ada Gunansar Mandowen yang sudah tampil sebanyak 22 kali musim ini. Pemain berusia 19 tahun itu bahkan berhasil mencetak tiga gol bersama tim Mutiara Hitam.

Kemudian di lini tengah juga ada sosok Todd Rivaldo Ferre. Sebagai pemain sayap, Todd juga bisa diandalkan untuk mencetak gol. Pemain berusia 20 tahun itu sudah mencetak enam gol dalam 21 laga di Liga 1.

Adapun Marinus Wanewar merupakan aset masa depan yang dimiliki Persipura di lini depan. Marinus pada musim ini memang tak banyak mendapatkan kesempatan bermain, yakni baru dua kali.

Marinus kalah bersaing dengan Titus Bonai dan pemain legendaris Persipura, Boaz Solossa. Namun, di masa depan, Persipura Jayapura pasti bakal mengandalkan sosok Marinus.

Diploles Jacksen F. Tiago

Tak bisa dimungkiri Jacksen F. Tiago memiliki peran penting di Persipura Jayapura pada musim ini. Pelatih asal Brasil itu berhasil menyulap Persipura dari tim papan bawah menjadi pesaing gelar Liga 1 2019.

Jacksen mengambil alih Persipura pada 11 Juli 2019. Ketika itu, klub kebanggaan masyarakat Papua tercecer di posisi ke-15 setelah meraih hasil minor dalam enam laga awal Shopee Liga 1 2019.

Jacksen juga memiliki andil dengan memainkan pemain muda. Mereka mendapatkan kepercayaan dan kesempatan bermain di Persipura sebagai penyeimbang tim dengan pemain yang lebih senior.

Bersama Jacken, Persipura kembali menjadi tim yang menakutkan. Perlahan tetapi pasti, Persipura mulai merangkak naik dan saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan jumlah 44 poin.

Persipura hanya tertinggal 13 poin dari Bali United, yang berada di puncak klasemen. Dengan satu laga sisa, Persipura berpeluang memperkecil jarak dengan Bali United. Apalagi musim ini masih menyisakan tujuh pekan lagi, di mana ada 21 poin yang bisa diraih.