Timnas Indonesia Takluk di Bukit Jalil

Timnas Malaysia berhasil mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor 2-0 pada laga kelima Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Bertanding di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11/2019), Safawi Rasid memborong dua gol yang berakhir bagi kemenangan tim tuan rumah.

Kedua tim memulai pertandingan dengan lambat. Meski begitu, Malaysia langsung mengendalikan permainan.

Timnas Indonesia lebih dulu menciptakan peluang. Sayang, sepakan Febri Hariyadi pada menit keenam yang telah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Malaysia, Khairul Azhan, masih dapat ditepis.

Timnas Indonesia kembali mendapatkan kesempatan pada menit ke-9 dan 20′. Namun, sepakan dari luar kotak penalti T.M. Ichsan dan Febri Hariyadi masih melambung.

Malaysia berhasil membuka keunggulan pada menit ke-30. Tendangan bebas melengkung Safawi Rasid sukses memperdaya kiper Timnas Indonesia, Muhammad Ridho Djazulie.

Timnas Indonesia hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-37. Namun, dua kali upaya dari sundulan Otavio Dutra dan Greg Nwokolo diblok oleh lini belakang Malaysia.

Hingga babak pertama selesai, skor tidak berubah. Untuk sementara, Timnas Indonesia tertinggal 0-1 dari Malaysia.

Malaysia kembali mengurung pertahanan Timnas Indonesia pada babak kedua. Tim berjulukan Harimau Malaya ini mendapatkan peluang pada menit ke-53. Namun, tendangan Syahmi Safari masih melenceng.

Timnas Indonesia mencoba bangkit. Pelatih caretaker Yeyen Tumena menarik Greg Nwokolo untuk digantikan oleh Osas Saga pada menit ke-58.

Tujuh menit di atas lapangan, Osas melancarkan tendangan mendatar ke gawang Malaysia. Sayang, kekuatan tembakannya cukup lemah.

Ketika Timnas Indonesia berupaya menyamakan kedudukan, Malaysia malah sukses menambah keunggulan. Berawal dari blunder Yanto Basna, Safawi berhasil merebut bola dan melancarkan tendangan keras dari sudut sempit yang membobol gawang Ridho pada menit ke-73.

Pada menit ke-82, Timnas Indonesia berpeluang memperkecil ketinggalan tatkala wasit menunjuk titik putih setelah Febri Hariyadi dijatuhkan kiper Malaysia di dalam kotak penalti. Namun, eksekusi Osas Saha masih lemah dan dapat ditangkap penjaga gawang pengganti, Farizal Marlias.

Hingga wasit meniup peluit panjang, skor tidak berubah. Malaysia sukses membungkam Timnas Indonesia 2-0.

Susunan Pemain

Malaysia (4-3-3): Khairul Azhan (k); Shahrul Saad, La’Vere Corbin Ong, Aidil Zafuan, Syahmi Safari (b); Brendan Gan, Nor Azam, Syamer Kutty (t); Safawi Rasid, Mohamadou Sumareh, Akhyar Rashid (d)

Pelatih: Tan Cheng Hoe

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Muhammad Ridho Djazulie (k); Gavin Kwan Adsit, Yanto Basna, Otavio Dutra, Ricky Fajrin (b); Hendro Siswanto, Bayu Pradana; Febri Hariyadi, T.M. Ichsan, Septian David Maulana (t); Greg Nwokolo (d)

Pelatih Caretaker: Yeyen Tumena

1 Comment

  1. Indonesia kalah kelas dari malaysia. Timnas sudah bermain bagus dan mensyukuri hasil ini meskipun kalah, karena bisa saja kita kebobolan lebih dari 5 gol dan itu tidak terjadi kita hanya kebobolan 2 gol, ke depan kita akan memanggil pemain2 dari liga 2,3 dan liga tarkam untuk menambah jam terbang pemain indonesia di pelosok negeri, agar mereka tahu bagaimana rasanya bermain di timnas.

Comments are closed.