Profil Singkat 5 Wajah Baru di Skuat Timnas Indonesia

PSSI baru saja merilis 23 nama pemain dalam persiapan Timnas Indonesia di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia melawan Malaysia.

Pertandingan tersebut bakal berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, 19 November 2019.

Beberapa nama wajah baru turut serta dipanggil oleh tim kepelatihan Indonesia. Nama-nama pemain di antaranya TM Ichsan (Bhayangkara FC), Ardi Idrus (Persib), Hendro Siswanto (Arema FC), Muhammad Tahir (Persipura), serta Dedi Gusmawan (Semen Padang).

TM Ichsan adalah gelandang serang asal Aceh yang bermain untuk Bhayangkara FC dalam tiga musim terakhir. Pemain berusia 22 tahun ini sukses merebut juara Liga 1 pada tahun 2017 lalu. Dirinya juga sempat bermain untuk Timnas U-23.

Musim ini di ajang Liga 1, pemain yang juga anggota aktif POLRI itu sudah tampil dalam 10 pertandingan dan mencetak satu gol bersama The Guardian.

Lalu nama selanjutnya adalah bek kiri Persib Bandung, Ardi Idrus. Ia sudah tampil memukau sejak musim lalu saat Persib dibawah arahan pelatih Mario Gomez.

Pemain berusia 26 tahun asal Ternante ini memang tampil konsisten bersama Maung Bandung. Ia juga sempat bermain untuk Kalteng Putra dan juga PSS Sleman sebelum bergabung dengan Persib di tahun 2018. Musim ini di kancah Liga 1, Ardi Idrus sudah mencatat 25 penampilan bersama Persib atau hanya melewatkan satu laga saja. Total empat assist sukses ia buat.

Nama ketiga adalah Hendro Siswanto, salah satu gelandang senior Arema FC berusia 29 tahun. Ia sudah absen lima tahun dalam berseragam merah-putih.

Sejak melakoni debut internasional pada tahun 2013 ia memiliki total lima caps bersama Timnas. Ia menjadi bagian dari skuat Timnas U-23 saat meraih medali perak di ajang SEA Games 2011 di Indonesia.

Musim ini Hendro bermain konsisten bersama Singo Edan sebagai gelandang bertahan dan tampil di 23 pertandingan.

Penampilan Muhammad Tahir juga mencuri perhatian bersama Persipura Jayapura di musim ini. Pemain berusia 25 tahun ini tampil dalam 21 pertandingan dan mencetak dua gol serta satu assist bersama Mutiaara Hitam.

Muhammad Tahir adalah seorang pemain tengah, tak banyak yang tau ia adalah keturunan transmigran Makassar yang banyak berpindah dari tanah kelahiran mereka pada tahun 1970-an. Ia lahir dan besar di Jayapura dan merupakan jebolan dari SSB Tunas Muda Hamadi. Ia juga bermain untuk tim PON Papua dan juga Persipura U-21 sebelum promosi ke tim utama pada tahun 2016 oleh pelatih Osvaldo Lessa.

Nama terakhir adalah bek Semen Padang, Dedi Gusmawan. Pemain berusia 33 tahun ini pernah bermain di Liga Myanmar bersama dengan Zeyashwemye FC.

Ia lama berkarir bersama Mitra Kukar pada periode 2012-15 dan 2016-19. Pemain kelahiran Deli Serdang ini juga pernah berkostum Timnas, dimana ia melakoni debut senior pada tahun 2014 lalu saat laga uji coba melawan Kamboja.