Ketum PSSI Pastikan Suporter Garuda Aman di Laga Tandang Kontra Malaysia

Timnas Indonesia akan bertandang ke Malaysia pada matchday kelima putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G, 19 November 2019 mendatang. Laga ini merupakan partai klasik yang tentunya menarik untuk disaksikan.

Pada pertemuan pertama kedua tim, yang mana Indonesia menjadi tuan rumah, laga pun berakhir dengan kericuhan. Sebab, skuat Garuda yang saat itu sempat unggul di babak pertama, harus kalah memalukan dengan skor 2-3.

Suporter Malaysia yang datang ke SUGBK pun menjadi luapan emosi dari pendukung timnas. Koreografi provokatif, kata-kata kasar, hingga lemparan botol terjadi di laga tersebut.

Bukan tidak mungkin kejadian tersebut bakal kembali terulang di Malaysia. Bagaimana tidak, mengingat adanya rivalitas hebat antara kedua tim.

Meski demikian, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan menjamin bahwa suporter Indonesia bakal aman selama berada di Malaysia. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu akan berkomunikasi dengan pihak Malaysia terkait hal ini.

“Insha Allah kami akan berkomunikasi dengan pihak Malaysi. Saya ‘titipkan’ (suporter), Insha Allah aman. Suporter kita juga cukup banyak di Malaysia,” kata Iwan Bule di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Jumat (8/11/2019)

“Aliansi suporter Indonesia di sana itu ribuan dan biasa juga ketemu di Malaysia. Mudah-mudahan tak ada masalah,” sambungnya.

Sebagai informasi tambahan, Timnas Indonesia belum sekalipun mendapat kemenangan di Grup G ini. Andritany Ardhiyasa cs setelah kalah dari Malaysia 2-3, kemudian dibantai Thailand 0-3, lantas kalah memalukan 0-5 dari Uni Emirat Arab (0-5), serta dilumat Vietnam dengan skor 1-3.