Tira-Persikabo Tertahan di Papan Tengah

Laga lanjutan Liga 1 musim 2019 kembali berlangsung Sabtu (9/11/2019) sore, mempertemukan tuan rumah PS Tira-Persikabo dengan Persebaya Surabaya. Hasilnya, dalam pertandingan di Stadion Pakansari, Cibinong, itu kedua tim harus puas berbagi hasil imbang.

Bertindak sebagai tuan rumah di depan pendukung setianya, sejatinya Tira-Persikabo tampi lebih dominan di laga ini. Dan terbukti, meraka bahkan sudah langsung mencetak gol ketika pertandingan belum 1 menit berjalan.

Adalah tendangan bebas dari Wawan Febriyanto yang menjadi awal gol tersebut, yang mampu disundul dengan baik oleh Osas Saha yang berada tepat di tengah kotak penalti Persebaya. Bola sundulan yang sedikit melambung itu sukses mengoyak gawang tim Bajul Ijo.

Meski sudah tertinggal sejak awal, namun Persebaya yang kali ini dibesut oleh Aji Santoso untuk pertama kalinya, mampu balik memberikan perlawanan. Setelah saling serang dan melalui beberapa peluang, Persebaya akhirnya mencetak gol balasan di menit ke-35.

Rendi Irwan yang muncul mencatatkan namanya sebagai pencetak gol balasan Persebaya kali ini. Lagi-lagi, gol berawal dari sebuah tendangan bebas, di mana bola liar yang sempat tertahan bek Tira-Persikabo, kemudian jatuh ke kaki Rendi yang tepat berada di depan gawang dan dengan mudah mencocornya.

Skor 1-1 itu pun kemudian bertahan hingga turun minum. Kedua tim lantas memasuki babak kedua dengan semangat yang sama, terutama untuk berusaha mencuri gol yang akan memberi mereka keunggulan atas lawannya.

Namun bukannya Tira-Persikabo, melainkan tim tamulah yang kali ini mampu unggul lebih dulu, tepatnya di menit ke-51. Gol ini juga berawal dari bola mati lewat tendangan bebas yang dilakukan Diogo Campos, yang diteruskan lagi-lagi dengan sundulan oleh Aryn Williams demi merobek jala gawang tim tuan rumah.

Berbalik tertinggal, Tira-Persikabo pun kian semangat untuk kembali menjebol gawang lawan. Sejumlah upaya serangan pun dialirkan, hingga akhirnya hasil didapat pada menit ke-70, yang lagi-lagi berawal dari tendangan bebas.

Masih dari sepakan bola mati yang dilakukan Wawan Febriyanto, kali ini bola yang dikirim tepat ke depan gawang Persebaya, berhasil disundul Khurshed Beknazarov di tiang jauh setelah sempat lolos dari cocoran pemain lainnya. Skor pun kembali berubah sama menjadi 2-2.

Tuan rumah pun kian bersemangat dengan kedudukan itu, dan berharap dapat meraih gol kemenangan di sisa waktu pertandingan. Setelah beberapa peluang sia-sia, kesempatan emas itu muncul ketika di menit ke-79 Osas Saha dijatuhkan di kotak berbahaya Persebaya yang berbuah hadiah tendangan penalti.

Sayangnya, Osas yang mengambil sendiri eksekusi itu, kali ini harus kecewa, karena tendangannya ternyata bisa dibaca dan diblok oleh kiper Persebaya, Imam Arief. Skor pun tidak berubah, tetap 2-2, yang akhirnya bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Dengan hasil ini, Tira-Persikabo untuk sementara gagal menempel posisi 5 besar klasemen sementara, dan harus puas tetap tertahan di papan tengah. Sementara Persebaya yang di beberapa laga sebelumnya menelan hasil negatif, tampaknya cukup bisa berpuas diri dengan poin 1 dari hasil imbang ini.