Kapten Arema FC Hamka Hamzah Ungkap Alasan Pensiun Musim Depan, Singgung Soal Umur dan Jadwal Laga

Kapten Arema FC, Hamka Hamzah mengungkapkan alasan di balik rencananya untuk pensiun sebagai pemain sepak bola.

Hamka Hamzah mengatakan, alasannya pensiun sebagai pesepak bola lantaran faktor usianya yang tidak lagi muda.

Hamka Hamzah mengakui jika secara fisik, dirinya sudah tak mampu tampil fit seperti kompetisi musim-musim sebelumnya.

Tak hanya itu, jadwal Liga 1 2019 yang super padat, membuatnya harus menyerah menjadi pemain di usianya yang kini menginjak 35 tahun.

“Jadwal saat ini benar-benar mengganggu kebugaran seluruh pemain,” kata Hamka Hamzah, Jumat (8/11/2019).

“Tidak hanya pemain Arema tapi semua klub. Hal ini membuat penampilan pemain tidak efektif, sementara penonton menuntut kami tampil maksimal,” sambung dia.

Hamka Hamzah menjelaskan, tuntutan bermain maksimal dengan waktu recovery yang singkat, sangat memberatkan pemain seusianya.

“Apabila Liga musim depan masih begini, mungkin saya menyarankan agar Arema mencari pemain yang lebih muda dan fit,” ungkap Hamka Hamzah.

“Karena bagi pemain usia 20-30 mungkin waktu recovery yang singkat bisa. Tapi kalau pemain 30 tahun ke atas seperti saya, itu sudah tidak mampu. Saya sadar diri,” tambahnya.

Kondisi diperparah, karena padatnya jadwal pertandingan, membuat cedera hamstring Hamka Hamzah kambuh dan sempat tumbang karena sakit tifus.

Ini menjadi salah satu alasan penguat, untuk Hamka pensiun dan ingin menjadi asisten pelatih atau pelatih tim usia muda Arema FC.

“Semoga di sisa laga saya bisa memberikan yang terbaik, apalagi saat ini hamstring saya kambuh dan mudah-mudahan tahun depan liga kita bisa lebih teratur,” jelas Hamka.(myu)