Gara-gara Hukuman Komdis PSSI, Bonek Nonton Bareng Tira Persikabo Vs Persebaya di Surabaya

Suporter Persebaya Surabaya, Bonek, yang berada di Surabaya tidak bisa mengawal tim kebanggaannya. Mereka tidak hadir saat Persebaya menahan imbang 2-2 Tira Persikabo di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu sore (9/11/2019).

Itu merupakan imbas hukuman Komdis PSSI yang memberlakukan Persebaya Surabaya bertanding tanpa penonton sampai akhir musim, baik laga kandang maupun tandang. Hukuman itu diberikan akibat kerusuhan Bonek di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (29/10/2019).

Sebagai ganti, Bonek memilih untuk mengadakan nonton bareng di Surabaya. Berbagai tempat, seperti kedai atau warung kopi di Surabaya, menjadi tempat mereka menyaksikan duel pekan ke-27 Shopee Liga 1 2019.

Satu di antaranya adalah Warkop Pitulikur, kawasan Wonokromo, Surabaya. Warung Pitulikur merupakan tempat nongkrong sekaligus berkumpul bagi Green Nord, Bonek yang menempati tribune utara.

“Kami semua sepakat untuk tidak ikut Persebaya yang bertandang. Itu semata-mata supaya Persebaya tidak dapat hukuman tambahan,” kata Cak Cong, pemilik Warkop Pitulikur sekaligus koordinator Green Nord kepada Bola.com.

“Semua pentolan Bonek sepakat, sebaiknya kami nonton bareng di tempat masing-masing. Setiap orang punya tempat favoritnya untuk nonton bareng, jadi lebih baik mendukung Persebaya dari sini,” imbuhnya.

Tua, muda, laki-laki, dan perempuan, membaur menyaksikan perjuangan Ruben Sanadi dkk. melawan Tira Persikabo. Mereka berteriak bangga saat Persebaya Surabaya mencetak gol, namun kemudian mengumpat ketika melihat timnya kebobolan.

Ingin Kembali ke Tribune

Bonek masih menyimpan harapan bisa menyaksikan kembali laga Persebaya Surabaya di stadion secara langsung. Hal itu muncul menyusul keputusan manajemen Bajul Ijo yang mengirim banding terhadap hukuman tersebut.

Manajemen Persebaya menginginkan keringanan hukuman karena kerusuhan terjadi bukan antarsuporter. Sampai sekarang, Komdis dan Komding PSSI belum mengumumkan bagaimana hasil banding tersebut.

“Sementara, kami nobar dulu sambil hukuman itu berjalan. Nanti dilihat saja hasil bandingnya bagaimana. Semoga saja ada kabar positif, setidaknya kami kembali ke tribune pada pekan-pekan terakhir kompetisi,” ucap Cak Cong.

Meski Bonek yang berada di Surabaya sepakat nonton bareng saja, bukan berarti Persebaya tidak mendapat dukungan saat bertanding di Bogor. Dalam laga itu, tetap terdapat Bonek yang hadir sambil menyanyikan lagu.

“Dari informasi yang saya dapat, kebanyakan dari mereka itu Bonek yang basisnya sekitar Bogor, seperti Jabodetabek atau Bandung. Itu keputusan mereka juga,” ujar Cak Cong.