Direnovasi, Stadion Markas Barito Putera Ditarget Selesai 2021

Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Kalimantan Selatan sudah tahap renovasi. Renovasi markas klub Liga 1 Barito Putera tersebut ditarget selesai pada tahun 2021 mendatang.

Renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin diperkirakan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 40 miliar. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, Hermansyah, mengatakan pengerjaan akan dilakukan selama 24 jam.

“Ini sudah dalam tahap pengecoran pada tribune utama yang sudah dibongkar,” ujar Kadispora Kalsel, Hermansyah, saat ditemui di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Jumat (8/11/2019) sore.

“Setelah ini rampung, menyusul dua tribune lagi. Pengerjaan dilakukan selama 24 jam,” tuturnya melanjutkan.

Renovasi itu menurut Hermansyah tidak hanya dilakukan pada tribune utama, tetapi juga pada tribune sisi utara dan selatan.

Untuk tribune utama, pengerjaannya ditargetkan selesai pada tanggal 23 Desember tahun ini. Setelah itu, akan dilakukan pembongkaran pada dua tribune yang pengerjaannya akan dimulai tahun depan.

ap sesuai dengan perencanaan yang dikeluarkan oleh PUPR,” kata Hermansyah.

“Tahun depan, dua tribune ini juga dibongkar dan akan menyatu dengan tribune utama,” ujarnya menjelaskan.

Selain pengerjaan tribune, renovasi stadion juga menyentuh pembenahan rumput lapangan.

Menurut Hermansyah, anggaran yang disiapkan sudah termasuk dengan perbaikan rumput lapangan. Jika tak ada kendala berarti, renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin akan rampung seluruhnya pada tahun 2021 mendatang.

“Anggarannya sudah termasuk rumput lapangan, karena rumput lapangan akan dilebarkan lagi,” kata Hermansyah.

Proses renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin membuat Barito Putera untuk sementara bermarkas di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kabupaten Banjar.

Barito sudah bermarkas di Stadion Demang Lehman, Martapura pada laga ke-4 Liga 1 2019. Barito rencananya akan kembali ke markas utamanya di Stadion 17 Mei Banjarmasin pada tahun 2022.