Jalani Debut Saat PSS Hadapi Bali United, Arif Satya Yudha Alkanza Ketagihan Jadi Starter

Pemain muda PSS Sleman, Arif Satya Yudha Alkanza, tidak akan melupakan pertandingan melawan Bali United di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (6/11/2019). Untuk pertama kalinya, Arif Satya melakoni debutnya di Shopee Liga 1 2019.

Pemain asal Temanggung itu diturunkan pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, sejak menit pertama untuk mengawal lini tengah. Ternyata Arif berhasil menjalankan tugas sebagai pengatur lini tengah tim Elang Jawa, bekerja bersama Guilherme Batata, Sidik Saimima, dan Haris Tuharea.

Penampilan pemain berusia 22 tahun ini cukup apik, terutama saat Seto Nurdiyantoro memasang dirinya untuk menjalankan peran yang ditinggalkan oleh Brian Ferreira akibat cedera. Meski Arif Satya digantikan oleh Dave Mustaine pada menit ke-57.

Meski demikian, pemain kelahiran 15 Oktober 1997 ini mengaku sempat demam panggung dalam debutnya bersama PSS. Laga kontra Bali United adalah pertandingan pertamanya di Liga 1, setelah dirinya direkrut PSS dari klub Liga 3, Persitema Temanggung.

“Pertandingan yang tidak akan pernah saya lupakan. Debut saya di Liga 1 dan langsung tampil melawan Bali United, tim favorit juara. Awalnya sempat grogi, Alhamdulillah berjalan dengan baik, terima kasih untuk pelatih yang memberikan kepercayaan,” terang Arif Satya Yudha Alkanza, Sabtu (9/11/2019).

Dengan penampilan perdananya yang tidak mengecewakan, eks pemain Protaba Bantul ini berpeluang tampil dalam laga berikutnya. PSS Sleman dijadwalkan akan menjamu Borneo FC pada pekan ke-28 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo (20/11/2019).

Pujian dari Seto Nurdiyantoro

Arif Satya Yudha kini bisa menjadi alternatif bagi pelatih Seto Nurdiyantoro memaksimalkan lini tengah PSS Sleman. Mengingat kondisi skuatnya yang kini telah ditinggalkan Brian Ferreira akibat cedera otot perut.

“Terima kasih juga untuk dukungan dari suporter yang begitu luar biasa. Saya akan terus berkerja keras, agar bisa kembali mendapat kesempatan bermain lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro, memuji penampilan Arif Satya Yudha. Menurut Seto, pemain mudanya tersebut memiliki skill dan potensi untuk berkembang bersama PSS.

“Dia punya kemampuan, dan perlu kami asah lagi saat latihan. Bicara soal skill, dia bagus dan bisa berkembang seperti Brian Ferreira dan Ricky Kambuaya,” ucap Seto Nurdiyantoro.