Fabiano Beltrame Naturalisasi di Usia Senja, Ketum PSSI Membela

Naturalisasi Fabiano Beltrame mendapatkan kritik karena dianggap sudah melewati masa akhir sebagai pemain sepak bola. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menilai Fabiano masih bisa memberikan kontribusi untuk sepak bola Indonesia meski sudah pensiun.

Setelah menanti cukup lama, Fabiano akhirnya resmi menyandang status Warga Negara Indonesia. Menjadi WNI pada usia 37 tahun membuat banyak pihak menilai Fabiano tidak akan lama memberikan kontribusi untuk sepak bola Indonesia khususnya di level Timnas Indonesia.

Ketua Umum PSSI, Iwan Bule menilai Fabiano masih bisa memberikan kontribusi kepada sepak bola Indonesia di masa yang akan datang. Jika nanti sudah pensiun, pemain kelahiran Brasil tersebut akan tetap bisa memberikan masukan dalam sebuah tim.

“Dari segi teknik dan permainan masih bagus, kan bisa saja setelah pensiun dijadikan pelatih atau konsultan. Kita hargai yang bersangkutan,” tutur Iwan seperti dikutip dari Antara News.

Sambutan baik yang selalu diterima Fabiano selama berada di Indonesia membuat ia betah. Fabiano juga yakin masih bisa memberikan kontribusi maksimal setelah menjadi WNI.

“Sejak 2005 respons orang-orang selalu baik kepada saya dan ini jadi semangat saya untuk terus membawa nama Merah Putih ke mana pun saya bertanding,” ujar Fabiano.

“Memang saya sudah tidak lagi muda, tapi saya yakin bisa memberi yang terbaik,” kata Fabiano.